Sukses

Aneh, Desa di Inggris Ini Sering Muncul Uang Misterius

Desa ini sebelumnya pernah dijadikan lokasi syuting film Get Carter. Namun karena letaknya yang terpencil dan merupakan bekas desa pertambangan, tidak banyak yang tahu tentang desa ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hal unik terjadi di salah satu desa di timur laut Inggris. Mengutip laman AFP, Jumat (22/11/2019), desa kecil bernama Blackhall Colliery ini penuh dengan misteri setelah munculnya gepokan uang secara terus menerus di jalanan.

Desa ini terletak di kota Durham dan sebelumnya pernah dijadikan lokasi syuting film Get Carter. Namun karena letaknya yang terpencil dan merupakan bekas desa pertambangan, tidak banyak yang tahu tentang desa ini.

Kepolisian Durham mengatakan, selama 5 tahun terakhir terkumpul uang sekitar 26.000 euro atau sekitar Rp 473 juta (asumsi kurs Rp 15.606) dalam 13 paket yang masing-masing berisi 2.000 euro atau Rp 36 juta dalam pecahan 20 euro.

"Uang ini selalu tergeletak di jalanan seperti trotoar dan ditemukan oleh masyarakat," ujar Detektif Constable John Forster.

Penemuan uang teranyar terjadi pada 18 November lalu. Ini adalah ke-4 kalinya gepokan uang tersebut ditemukan. Forster menduga mungkin ada orang kaya dermawan yang melakukan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santa dari Blackhall

Penduduk desa juga berspekulasi demikian. Mungkin saja ada miliarder rahasia di desa atau bahkan "Santa dari Blackhall". Seperti yang kita tahu, legenda Santa Claus saat natal memperlihatkan Santa yang suka memberi hadiah pada anak-anak di malam natal.

"Mungkin ada orang yang mencoba membantu desa, mungkin dia peri kecil Santa. Aku harap seperti itu," ujar salah satu penduduk desa.

Meski demikian, penelitian Kepolisian Durham belum menghasilkan apapun. Namun yang paling penting, masyarakat desa mendapat apreasiasi karena telah berlaku jujur dengan menyerahkan paket uang yang bukan haknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.