Sukses

Cabot Corporation Tambah Investasi USD 100 Juta di Indonesia

Cabot Corporation resmi melakukan peletakan batu pertama untuk proyek peningkatan kapasitas produksi serat karbon hitam

Liputan6.com, Jakarta - Cabot Corporation resmi melakukan peletakan batu pertama untuk proyek perluasan investasi berupa peningkatan kapasitas produksi serat karbon hitam (carbon black) di Cilegon, Banten, pada Kamis (21/11/2019). Turut hadir pada acara persmian tersebut, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dengan adanya peningkatan kapasitas produksi ini, Cabot Corporation akan menambah sekitar 80 ribu metrik ton kapasitas produksi tahunan yang diharapkan akan selesai pada 2021.

Senior Vice President sekaligus President of Reinforcement Materials Cabot Corporation, Bart Kalkstein, mengatakan bahwa perseroan berinvestasi sekitar USD 100 juta untuk meningkatkan kapasitas produksi black carbon.

"Investasi sekitar USD 100 juta. Itu (danannya) datang dari perusahaan sendiri," ujar Bart saat berbincang dengan Liputan6.com di sela-sela acara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemasok di ASEAN

Bart menyatakan, hasil peningkatan kapasitas dari proyek ini adalah serat karbon hitam lokal berkualitas tinggi yang digunakan untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia dan di seluruh Asia Tenggara. Permintaan itu sendiri setiap tahun terus meningkat sebesar 4-5 persen.

"Sebagai produsen carbon black terbesar di dunia, kami memiliki posisi khusus untuk memperluas langkah kami secara global untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh wilayah di dunia," ungkap dia.

Dia meneruskan, perluasan fasilitas produksi di Cilegon ini merupakan bagian dari proyek peningkatan kapasitas dan debottlenecking global yang telah diumumkan pada Mei 2018. 

Sebagai informasi, Cabot telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dalam mencapai tujuan peningkatan kapasitas produksi carbon black global sebesar 300 ribu metrik ton, dan akan mencapai target ini setelah proses commissioning dari fasilitas produksi baru ini. 

 

3 dari 3 halaman

Mendukung Pertumbuhan Industri

Peningkatan kapasitas ini memungkinkan Cabot untuk mendukung pertumbuhan industri ban dan karet, serta karbon khusus di seluruh dunia.

"Kami bangga atas kemajuan yang telah dibuat dalam proyek perluasan kapasitas hingga saat ini, dan berharap untuk menyelesaikan investasi tambahan atas teknologi terkini Cabot, yang akan memungkinkan kami untuk terus menjadi penyedia carbon black berkualitas tinggi yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan di pasar Asia Tenggara yang terus meningkat," tutur Bart. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.