Sukses

Kisah YouTuber yang Mampu Raup Rp 98,4 Miliar Berkat Video 6 Detik

Pemuda ini berhasil meraih kesuksesan di usia 23 tahun.

Liputan6.com, Los Angeles - David Dobrik menjadi YouTuber yang berhasil meraih kesuksesan di usia 23 tahun. Kesuksesannya didapat melalui aplikasi Vine dan YouTube.

Pemuda ini mampu mengantongi kekayaan USD 2,5 juta atau Rp 35,1 miliar (USD 1 = Rp 14.066). Kekayaannya termasuk rumah, studio rekaman, serta mobil Tesla dan Ferrari.

Dobrik lahir di Kosice, Slovakia pada 23 Juli 1996, dan memiliki tiga saudara perempuan. Dia dan keluarganya bermigrasi ke Chicago saat berusia enam tahun, dan sekolah di Vernon Hills High school.

Ia hampir dideportasi. Namun bisa lolos karena dia masuk dalam program Deferred Action For Childhood Arrivals program (DACA).

Setelah lulus SMA, Dobrik tidak melanjutkan kuliah dan memilih  pindah ke Los Angeles pada 2013. Dengan beberapa temannya, di kota tersebut dia berjuang hidup meski hanya dengan memakan roti dan selai kacang.

Sebelum terkenal sebagai Youtuber, Dobrik lebih dulu populer di aplikasi Vine pada 2013. Dari aplikasi ini, dia menghasilkan USD 1.500-USD 2.000 atau Rp 21 juta-Rp 28 juta per bulan.

Selanjutnya dia mulai membuat akun YouTube pada 2015. Kini, dia mampu memiliki subscriber lebih dari 14 juta di channel-nya. Isi konten yang dia sajikan berupa prank dan komedi. Beberapa videonya sebagai YouTuber, salah satu konten vlog tentang prank menikahi teman ibunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama Mengenal Vlogging

Dobrik pertama kali mengenal vlogging dari Liza Koshy, yang merupakan teman sesama di aplikasi Vine. Keduanya pun akhirnya berkencan. Lambat laun,  subscribers miliknya terus naik, hingga menjadi 20 juta.

Namun, hubungan keduanya akhirnya kandas pada Juni 2018. Mereka pun membuat konten membahas tentang alasan putus.

Di mana, Dobrik diisukan menjalin hubungan dengan teman lamanya yaitu Natalie Noel. Namun mereka berdua tidak pernah mengakui hubungan tersebut.

Setelah sukses di YouTube, Dobrik memerankan salah satu karakter di "Angry Birds Movie 2", dan menjadi host di acara Teen Choice Awards pada Agustus 2019 bersama Lucy Hale.

Sekarang Dobrik menjadi juri di acara kompetisi menyanyi di Nickelodeon "America's Most musical Family".

Reporter: Tira Santia

 

3 dari 3 halaman

Bos TikTok juga Menjadi Miliarder Berkat Video

Kekayaan bos TikTok terus meroket. Kini, Zhang Yiming yang masih berusia 36 tahun tercatat memiliki kekayaan USD 16,2 miliar atau Rp 226,9 triliun (USD 1 = Rp 14.011).

Zhang Yiming merupakan CEO dari ByteDance yang merupakan induk dari aplikasi TikTok. Tahun lalu ia juga muncul di daftar terkaya Forbes, namun kini kekayaannya bertambah dua kali lipat.

Dengan menembus 10 besar orang terkaya di China, kini Zhang Yiming sudah sejajar dengan pendiri Alibaba, bos Tencent, dan bos Evergrande, perusahaan properti terbesar di China.

TikTok pertama meluncur pada bulan September 2016, popularitasnya pun menjalar ke Indonesia, dan kini sudah mulai dikenal di Amerika Serikat. CEO Facebook Mark Zuckerberg pun mulai terganggu dengan popularitas aplikasi tersebut.

Menurut statistik Oberlo, TikTok memiliki 500 juta pengguna harian di seluruh dunia. Artinya, TikTok lebih populer ketimbang LinkedIn, Twitter, dan Pinterest.

Tercatat, 150 juta pengguna harian TikTok berasal dari China, dan ada versi China dari TikTok yang disebut Douyin.

Aplikasi Android ini pun sudah menjadi aplikasi terpopuler di Apple Store dengan 33 juta download di kuartal I-2019.

Sebanyak 41 persen pengguna TikTok adalah remaja sampai dewasa muda, yakni rentan usia 16 - 24 tahun. Masalah pengguna di bawah umur itu sempat membuat TikTok diblokir selama beberapa hari di Indonesia pada Juli tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini