Sukses

Tahun Depan, Kemenhub Bangun 3 Dermaga Penyeberangan di Bali

Ketiga dermaga penyeberangan yang akan dibangun bertempat di Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun sebanyak tiga dermaga penyeberangan pada Februari 2020 di Bali untuk mendukung sektor pariwisata Pulau Dewata.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ketiga dermaga penyeberangan tersebut akan bertempat di Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

"Pembangunannya sekitar Februari 2020. Sekarang sudah di desain dan mau tender nanti di Bulan Desember. Ditargetkan selesai pembangunannya pada akhir tahun 2020," jelas Menhub Budi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/11/2019).

 

Dia menyatakan, pembangunan tiga dermaga yang dikenal dengan dermaga segitiga emas tersebut memang sangat dibutuhkan untuk mengakomodir jumlah wisatawan di bali yang semakin bertambah.

"Selain untuk pariwisata, dermaga ini juga dibutuhkan untuk menunjang kepentingan masyarakat setempat menuju Nusa Penida utamanya saat pelaksanaan upacara keagamaan," sambung dia.

Lebih lanjut, Menhub Budi menjelaskan, pembangunan dermaga tersebut menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dia berharap, dengan adanya pembangunan dermaga ini bisa semakin menambah jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Bali, sehingga perekonomian Indonesia semakin maju.

"Dana yang berasal dari APBN digunakan untuk membangun infrastruktur dasar, tetapi infrastruktur tambahannya akan dilakukan dengan skema KPBU supaya dapat dikelola lebih profesional," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Dermaga Gilimas Rampung Oktober 2019

PTPP (Persero) Tbk menargetkan pembangunan Dermaga Gilimas di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) tuntas pada akhir Oktober 2019. Pelabuhan ini iharapkan mulai beroperasi pada November 2019.

Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea menjelaskan, PTPP dipercaya sebagai kontraktor pembangunan Dermaga Gilimas yang merupakan infrastruktur kepelabuhanan yang dikelola PT Pelindo III.

"Proyek Dermaga Cruise Gilimas dikerjakan sejak 20 Maret 2018. Saat ini progres pengerjaannya sudah 96,7 persen. Dermaga cruise akan siap beroperasi melayani kapal cruise pertama pada awal November 2019 serta sudah direncanakan ada 8 kapal cruise lainnya yang akan dilayani sampai akhir 2019," kata dia dalam keterangannya, Jumat (6/9/2019).

Pada pembangunan proyek ini, lanjut Andi Gani, tim sudah mengimplementasikan pemanfaatan building information modelling (BIM) yang membantu segala pelaksanaan di lapangan menjadi lebih cepat dan praktis.

"Kecepatan kerja yang sudah dicapai dengan sangat baik oleh tim proyek agar dapat diikuti dengan kualitas yang juga terbaik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.