Sukses

Smesco Bakal jadi Pusat Peradaban UMKM Indonesia

Smescon diharapkan mampu menciptakan UMKM yang menghasilkan produk yang mampu bersaing di pasar global.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan merombak Smesco Indonesia, menjadi pusat beradaban baru UMKM Indonesia. Saat ini instansi tersebut sedang merumuskan konsepnya.

Menteri Koperasi dan UK‎M Teten Masduki mengatakan, saat ini gedung Smesco belum optimal menjadi wadah pengembangan UMKM Indonesia, dia pun ditugasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengaktifkan fasilitas tersebut sebagai pusat pengembangan UMKM Indonesia.

‎"Gedung 17 lantai sepi. Saya diminta Pak Jokowi untuk segera jadi kegiatan akti," kata Teten, di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Untuk mengaktifkan kembali gedung yang terletak di Jalan Gatot Subroto tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM bersama pengerak UMKM merumuskan konsep Smesco yang baru, dengan mengarah pada pusat pelatihan pengerajin hingga pemasaran‎.

‎"Smesco kita sedang rumuskan bagaimana Smeco menjadi tempat memberikan dukungan terhadap pengembangan UMKM," tuturnya.

Menurut Teten, Smesco akan dijadikan pusat peradaban baru UMKM Indonesia, sehingga menciptakan UMKM yang menghasilkan produk yang mampu bersaing di pasar global.

"Karena itu pengembangan kapasitas SDM, teknologi inovasi harus hidup. Pembiayaan sudah disiapkan pemerintah dengan berbagai skema. Smesco kita jadikan on stop service UMKM, jadi tempat belajar, sharing experiece, market pelace link and mch kita mau betul merumuskan konsep ulang Smeco ini jadi one stop service UMKM," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Semua Bank Biayai dan Bina UMKM

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Fairmont Hotel, Jakarta Selatan pagi ini.

Di sela-sela pidatonya, dia mengingatkan agar jangan Bank BRI saja yang fokus menyalurkan kredit kepada pengusaha-pengusaha kecil atau UMKM.

"Perbankan juga harus dorong penyaluran kredit ke UMKM agar gini rasio dan gap perkembangan jadi kecil. Jangan yang ngurus BRI saja. Saya ingatkan, jangan biayai yang besar-besar saja," tuturnya di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi bilang, meski return (untungnya) kecil, pengusaha kecil atau UMKM merupakan tulang punggung masa depan perekonomian bangsa Indonesia.

"Saya tahu kalau membiayai yang kecil biaya tinggi, capek dan untung kecil. Saya tau. Tapi saya mengajak semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa kita," ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menekankan agar perbankan jangan hanya menyalurkan kredit kepada nasabah yang itu-itu saja.

"Selain yang besar-besar, juga jangan biayai yang itu-itu saja, kalau bapak ibu disini tepuk tangan, artinya setuju," ucap dia kepada peserta yang hadir. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Smesco adalah lembaga resmi di bawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

    Smesco