Uang Pas-pasan Bisa Liburan ke Singapura, Begini Caranya

Oleh Fitriana Monica Sari pada 17 Nov 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 18 Nov 2019, 13:13 WIB
Tips Wisata Halal di Singapura Berdasarkan 4 Karakter Traveler

Liputan6.com, Jakarta - Menyempatkan diri di sisa-sisa hari libur untuk pergi liburan pasti sangat menyenangkan. Namun, apalah daya jika keuangan sedang menipis. Jangankan pergi berlibur, bisa kongko sama teman-teman di kafe saja rasanya sudah bersyukur.

Tapi, tak perlu risau lagi. Sebab meski uang lagi cekak, Anda pun tetap bisa liburan ke luar negeri, lo! Bagaimana caranya? Berikut ini trik cara irit liburan ke Singapura saat keuangan sedang menipis, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berburu Tiket Promo Tengah Malam

Tiket pesawat yang terlalu mahal? Tenang saja. Anda bisa mencari tiket promo yang pastinya tidak menguras tabungan. Namanya juga promo, pasti harus rajin-rajin mengecek situs atau aplikasi maskapai penerbangan.

Lakukan berburu tiket promo ini di tengah malam. Biasanya di jam-jam ini pihak agen perjalan atau maskapai penerbangan resmi memberikan harga yang miring dibanding pada jam-jam tertentu, seperti siang, sore, atau di pagi hari.

2. Belilah Tiket Pesawat dari Jauh Hari

Selain harus rajin mengecek situs resmi maskapai penerbangan maupun agen perjalan, Anda juga mesti membeli tiket dari jauh-jauh hari.

Jika Anda sudah dapat tiket murah, langsung pesan sebelum harga tiketnya naik lagi. Siapa tahu Anda menemukan tiket pesawat ke Singapura hanya setengah harga dari biasanya. Menguntungkan, bukan?

2 of 6

3. Jangan Malas Berburu Hotel Promo

Ilustrasi Hotel
Ilustrasi penginapan. (dok. pexels.com/PIxabay)

Tak hanya maskapai penerbangan saja, hotel-hotel yang ada di Singapura juga sering menawarkan promo menarik. Promo yang diberikan beranekaragam, bisa berupa potongan harga ataupun promo menginap gratis.

Informasi promo hotel bisa Anda dapatkan pada situs resmi yang menawarkan hotel murah, seperti Traveloka, Tiket.com, Agoda, atupun Booking.com, dan lainnya.

Promo-promo hotel lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit. Gunakan kartu kredit Anda untuk menikmati penginapan murah saat liburan ke Singapura.

4. Gunakan Transportasi Umum

Singapura terkenal sebagai salah satu negara paling mahal di Asia Tenggara. Jadi, wajar kalau hampir semua harga produk dan jasa, termasuk biaya transportasinya juga mahal. Namun, jangan langsung cemas, ya?

Liburan di Singapura tetap bisa sesuai bujet bila Anda menggunakan transportasi umum. Ke mana pun Anda pergi, gunakan transportasi umum. Selain murah, fasilitas yang ada juga memadai, dijamin akan membuat Anda nyaman selama liburan ke Negeri Singa itu.

3 of 6

5. Hindari Makan di Restoran dan Kafe

kuliner singapore
Setidaknya ada 100 kedai makanan khas Singapura yang bisa dipilih di sini (sumber: commons.wikimedia)

Semua orang juga tahu jika makan di restoran dan kafe harganya lebih mahal ketimbang hanya makan di sebuah warung tenda atau food court.

Jika bujet Anda terbatas, jangan sekali-kali menjajakan lidah di tempat-tempat mahal tersebut. Cari food court atau rumah makan sederhana yang menawarkan harga makanan lebih murah.

6. Belanja di Pasar Tradisional

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa berbelanja di pasar tradisional. Sama seperti pasar tradisional lainnya, harga barang di pasar tradisional Singapura juga lebih murah jika dibandingkan dengan supermarket.

Selain itu, bahan makanannya juga lebih bervariasi, juga lebih segar karena barang yang dijual di pasar tradisional kebanyakan barang-barang baru. Anda bisa mendapatkkan beberapa macam buah dengan harga murah. Jadi, meski sedang liburan irit, tubuh Anda tetap mendapatkan asupan gizi dan vitamin yang cukup.

4 of 6

7. Bawa Botol Air Mineral ke Mana Pun Pergi

Botol Minum Unik Ini Buat Infused Water Lebih Mudah
Botol Minum Unik Ini Buat Infused Water Lebih Mudah (sumber. Lostateminor.com)

Tips yang satu ini memang sangat sepele, tapi sangat ampuh untuk mengontrol pengeluaran Anda selama berada di Singapura. Di negara Merlion ini, Anda akan menemukan water tap yang tersebar di mana-mana.

Ketika air mineral habis, Anda dapat mengisi ulang secara gratis. Bandingkan jika membeli air mineral di supermarket, Anda pun harus rela merogoh SGD3 untuk ukuran sedang.

8. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Mau tetap hits dengan bujet terbatas? Bisa kok, caranya dengan mengunjungi tempat wisata gratis. Ada banyak tempat wisata gratis di Singapura, seperti Merlion Park, Handerson Waves, Singapore Botanic Garden, Sultan Mosque, dan masih banyak tempat gratis lainnya.

Anda dapat mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya menggunakan transportasi umum. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit.

5 of 6

9. Belanja Oleh-oleh Murah di ‘Bugis Street’ dan ‘China Town’

5 Tempat Terbaik yang Jadi Surga Belanja di Singapura
Bugis Street.

Pergi liburan rasanya kurang afdol jika tidak bawa oleh-oleh. Anda yang ingin pulang dengan oleh-oleh khas Singapura bisa belanja di Bugis Street dan China Town. Kedua tempat ini berbagai macam produk untuk oleh-oleh biasanya harganya jauh lebih murah.

Ada banyak barang yang bisa Anda temukan disini, termasuk cokelat, koper, dan aksesoris lucu khas negara Merlion, kaos bergambar khas dan masih banyak lagi. Harga per produknya juga cukup terjangkau, apalagi kalau Anda pintar menawar.

Liburan Hemat, Hati Pun Senang

Liburan ke luar negeri tidak selalu mahal seperti anggapan banyak orang selama ini. Anda tetap bisa kok liburan puas dengan bujet yang terbatas.

Namun yang paling penting adalah Anda tahu mengelola keuangan saat liburan dan jangan lupa untuk mengikuti tips-tips hemat di atas. Selamat berlibur dengan uang pas-pasan!

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓