Menteri Basuki: Saya Kerja Rock and Roll

Oleh Bawono Yadika pada 14 Nov 2019, 16:49 WIB
Diperbarui 14 Nov 2019, 17:17 WIB
Basuki Hadimuljono

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bercerita bagaimanaya dirinya kerja setiap hari tanpa libur pada periode jabatan 2014-2019.

Hal itu beralasan mengingat target tinggi Pemerintah dalam mencapai pembangunan proyek infrastruktur. Apalagi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menurutnya adalah sosok yang sangat detail oriented.

"Pak Jokowi itu orangnya detail dan target sekali. Makanya 2014-2019 saya kerja rock and roll," tuturnya di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menteri Basuki menyebut, libur merupakan barang mewah yang terjadi di era kepemimpinan Joko Widodo.

"Makanya kerja harus 3 shift, nggak bisa lagi dari jam 9 pagi pulang jam 5 sore. 7 hari dalam seminggu. Enggak bisa lagi kerja dengan gaya lagu pop," ujarnya.

Basuki juga bilang, Kementerian PUPR sendiri tak memiliki target khusus dalam pembangunan infrastruktur di tanah air. Pihaknya mengaku hanya menjalankan apa yang sudah menjadi visi-misi Presiden Jokowi.

"Kalau tugas ya saya kerjakan. Saya itu dulu nggak punya misi. Visi saya hanya melaksanakan apa yang menjadi misi presiden," papar Basuki.

2 of 3

Menhub: Kerja di Pemerintahan Jokowi Sangat Menantang

Menhub Budi Karya Pimpin Apel Lebaran 2019
Menteri Perhubungan Budi Karya memberikan keterengan kepada awak media usai apel persiapan pengamanan dan angkutan lebaran 2019 di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bercerita kesannya ketika ia bekerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kata dia, Jokowi kerap kali memberi tantangan yang tak masuk akal kepada sejumlah menterinya. Akan tetapi, hal inilah yang memacu adrenalin untuk segera dipenuhi.

"Selalu adrenalin dengan Pak Jokowi. Karena tugasnya selalu beyond. Jadi, kita selalu harus full effort," tuturnya di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Misalnya saja Budi menjelaskan, Jokowi sering kali memberi target tahun untuk suatu proyek yang dikerjakan oleh beberapa kementerian di pemerintahanya.

"Pak Jokowi bilang 2020 soal 5 Bali Baru harus selesai. Kemudian airport sekian harus selesai dibangun. Kita bertanya-tanya apa iya bisa dikerjakan tugas itu? Tapi karena adrenalin keluar, maka kita harus semangat kerjakan itu," ujar Menhub.

Adapun Menhub Budi menyebut ada tiga kesan yang bisa ia gambarkan selama bekerja 2 periode untuk Joko Widodo.

"Pertama menantang, kedua gembira dan terakhir optimistis. Tantangan besar, tapi kita tetap harus optimistis," kata dia.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓