Sukses

Kecelakaan Kerja Nihil, 75 Kontraktor Dapat Penghargaan

Sepanjang 2018 terdapat 173.105 kasus kecelakaan kerja dengan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp 1,2 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 76 perusahaan kontraktor dan sub kontraktor, terima penghargaan Kesehatan, Keamanan, dan Lingkungan atau Health, Safety, and Environment (HSE) Awards 2019 yang diselenggarakan PT Ciputra Residence.

Penghargaan yang digelar untuk kelima kalinya itu berhasil menggandakan jumlah kontraktor yang mencapai tingkat kecelakaan kerja 0 persen. ”Apresiasi diberikan kepada 76 kontraktor dan sub-kontraktor. Seluruhnya telah melewati tahap penilaian sepanjang 2018-2019 untuk menjadi yang terbaik," tutur Lalitya Ciputra Sastrawinata, Direktur PT Ciputra Residence.

Dasar penilaian awarding tahun ini dibagi dalam 9 kategori pemenang dan satu kategori apresiasi. Kemudian, penghargaan itu bukan hanya untuk proyek gedung tinggi, melainkan juga proyek rumah tinggal. Jadi asal kontraktor tersebut memenuhi syarat dengan tidak ada kecelakaan kerja, maka dia berhak mendapat penghargaan tersebut.

Menurut Lalitya, kecelakaan kerja yang dimaksud adalah semua jenis kecelakaan, termasuk kecelakaan sekecil apa pun yang memerlukan obat dan perban untuk penyembuhan. Dengan penghargaan itu, semua kontraktor berlomba-lomba meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sehingga keselamatan pekerja menjadi lebih baik.

Sebab, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat, pada tahun 2017 angka kecelakaan kerja yang dilaporkan mencapai 123.041 kasus, sementara sepanjang 2018 mencapai 173.105 kasus dengan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp 1,2 triliun.

Menurut Lalitya, kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan. "Namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Lebih jauh lagi, kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Standar Alat Pengaman

Tahun ini, lanjut Lalitya, PT Ciputra Residence melakukan Continuous Improvement dalam pekerjaan diketinggian sebagai bagian komitmen perusahaan dalam penerapan Health, Safety and Environment (HSE).

Hal ini diwujudkan dalam peningkatan standar alat pengaman dan alat kerja dalam pekerjaan diketinggian, serta penambahan training external untuk menambah pengetahuan di pekerjaan diketinggian.

Sementara, pada ajang itu, proyek yang kontraktornya paling banyak mendapat penghargaan adalah Citra Raya Tangerang, Citra Garden BMW Cilegon, Citra Garden City Jakarta, dan Mal Ciputra Citra Raya. Dari ribuan pekerja yang bekerja untuk proyek Ciputra, tidak ada kecelakaan yang sampai menimbulkan kematian pada 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.