Sukses

Pembayaran Hak Tanggungan Tanah Kini Bisa Dilakukan Online

Pelaksanaan hak tanggungan online meliputi pendaftaran Hak Tanggungan, roya, tukar menukar data, hingga informasi pertanahan.

Liputan6.com, Jakarta Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi pembayaran dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Pembayaran online ini setelah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR / BPN) menggandeng BNI untuk memungkinkan masyarakat dapat mengurus Hak Tanggungan dari mana pun dan kapan pun. Serta membayarkan biayanya secara non tunai melalui Hak Tanggungan Elektronik atau HT eL.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Pendaftaran Tanah, Penanganan Permasalahan Aset & Agunan di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Hadir pada acara tersebut Menteri ATR/BPN RI Sofyan A Djalil, Wakil Menteri BUMN RI Budi Gunawan Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo,dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menuturkan, pelaksanaan HT eL meliputi pendaftaran Hak Tanggungan, roya, tukar menukar data, hingga informasi pertanahan.

Perusahaan dikatakan siap mendukung upaya Kementerian ATR/BPN RI yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan pertanahan kepada masyarakat.

Selain berkontribusi dalam pengembangan sistem HT eL, sebelumnya, BNI dan Kementerian ATR/BPN telah bekerjasama dalam Pendaftaran Tanah, Penanganan Permasalahan Aset dan Agunan milik BNI, pertukaran data dan informasi, hingga dukungan terhadap program prioritas nasional BPN, serta Peningkatan kompetensi SDM.

“Tidak hanya itu, sejak tahun 2016, BNI telah menjalin kerjasama dengan Kementerian ATR/BPN, mulai dari Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan, Percepatan Sertifikasi Hak Atas Tanah dan Penanganan Permasalahan Tanah Agunan Milik Debitur dan/atau Nasabah Binaan BNI,” ujar Susi.

Sebagai bank digital, BNI mendukung program digitalisasi Kementerian ATR/BPN melalui implementasi Penggunaan Mini ATM BNI.

Mini ATM tersebut dapat digunakan Untuk Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian ATR/BPN dari Pelayanan Survey, Pengukuran dan Pemetaan, Pelayanan Pendaftaran Tanah, Pelayanan pendaftaran menghapuskan hak tanggungan /roya dan Pengecekan sertifikat.

Hak Tanggungan atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah, yang selanjutnya disebut Hak Tanggungan, adalah hak jaminan yang dibebankan pada hak atas tanah sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

25 Ribu Karyawan BNI Dapat Pasokan Beras Bulog

Dalam upaya mendukung sinergi BUMN, Perum Bulog mensuplai beras kepada 25 ribu karyawan BNI di seluruh Indonesia. Beras itu juga diantarkan langsung ke rumah bagi karyawan BNI di sekitar Jabodetabek.

Paket beras yang disuplai adalah paket natura Beras Premium dan Beras Merah. Semuanya diproduksi langsung oleh Bulog sekaligus bisa memberi untung ke petani.

“Program Paket Natura BNI ini sebagai bentuk sinergi BUMN yang saling menguntungkan, BNI membutuhkan Beras Sehat dan Berkualitas untuk Karyawannya, dan Bulog menyediakan produk beras yang dibutuhkan dan dihantarkan sampai Rumah dan Kantor”, kata Direktur Komersial Perum Bulog, Mansur dalam keterangannya Rabu (30/10/2019).

Paket Pangan Natura BNI sejumlah 7 Kg Beras per Karyawan dengan rincian 5 Kg Beras Premium dan 2 Kg Beras Merah, yang di produksi langsung oleh Bulog. Beras tersebut dihasilkan dari petani lokal Indonesia, sehingga program ini juga telah membantu petani lokal agar terdorong untuk menanam karena ada jaminan panennya diserap Bulog.

Mansur mengatakan bahwa Beras Merah yang digunakan pada paket natura BNI ini masuk kategori beras khusus dan sehat, merupakan hasil inovasi Perum Bulog yang melihat perubahan preferensi konsumen ke makanan sehat (healthy food) karena adanya perubahan gaya hidup masyarakat untuk menjadi lebih sehat (healthy life).

Penyediaan produk pada paket natura BNI merupakan program jangka Panjang, tidak hanya pada tahun ini saja tapi berlanjut ditahun berikutnya. Selain itu, program ini juga memudahkan akses pangan bagi Karyawan BNI sehingga secara tidak langsung dapat menjaga stabilisasi harga pangan ditingkat konsumen.

Pihak Bulog menyebut paket natura BNI dan produk pangan Bulog lain juga bisa dibeli di toko online resmi Bulog yang merupakan hasil sinergi Bulog dengan Tokopedia, Shopee, Bukalapak, blanja.com, dan ralali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini