Hari Kedua Pendaftaran, Jumlah Pelamar CPNS Capai 546.891 Orang

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 12 Nov 2019, 15:54 WIB
Diperbarui 12 Nov 2019, 16:17 WIB
CPNS Ikuti Kuliah Umum Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dibuka sejak Senin, 11 November kemarin. Lonjakan jumlah pelamar langsung terjadi pada hari kedua masa pendaftaran.

Dalam sebuah laporan yang diberikan Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono kepada Liputan6.com, jumlah orang yang sudah membuat akun di portal sscasn.bkn.go.id pada pukul 15.02 WIB mencapai angka 504.454.

Dari jumlah tersebut, 40.721 orang diantaranya sudah mengisi formulir, dan 5.592 akun telah menentukan pilihan formasi yang akan diambilnya.

Tak berapa lama, Paryono kembali mengabarkan, jumlah pendaftar CPNS telah meningkat cepat. Per pukul 15.20 WIB, sudah ada 546.891 orang yang sudah membuat akun.

Sementara jumlah pelamar yang sudah mengisi formulir ada sekitar 47.322 orang, dan 7.354 diantaranya sudah submit formasi untuk instansi yang disasarnya.

Paryono juga menyampaikan, instansi dengan jumlah pendaftar CPNS terbesar adalah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), yakni di atas 2.000 pelamar.

"(Submit terbanyak?) Kemenkumham. Ada sekitar 2.400 (pendaftar)," ujar dia kepada Liputan6.com.

2 of 3

Kementerian PANRB Minta Seluruh Lembaga Segera Setor Formasi CPNS 2019

Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan, ada 7 dari total 68 kementerian dan lembaga pusat yang belum memfinalkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 ke dalam sistem yang dikelola BKN.

"Totalnya yang masuk sudah 61 dari 68 instansi pusat. Sebagian besar masih dalam proses validasi di BKN. Jadi tinggal 7 yang belum input data formasi ke sistem BKN," ungkap Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meminta kepada seluruh instansi untuk segera merampungkan formasi final CPNS.

"Ya kita inginkan sesegera mungkin. Harusnya 1-2 hari selesai," seru Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja di Grand Sahid, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Pria yang akrab disapa Iwan ini mengatakan, pada dasarnya seluruh instansi telah mengajukan draft formasi. Dia juga tak mempermasalahkan kementerian/lembaga yang harus merevisi formasi, lantaran masa pendaftaran CPNS 2019 masih dibuka hingga 24 November.

"Pada dasarnya ini sudah semua, jadi yang masih belum barangkali saat ini masih ada perbaikan sedikit-sedikit saja. Tetapi tidak masalah, kan pendaftaran kita cukup panjang," tuturnya.

Dia lantas mencontohkan peleburan kompartemen Dikti yang kembali masuk ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang secara formasi kemudian masuk ke dalam kompartemen Dikbud.

"Untuk Dikti dan Dikbud juga tidak jadi masalah. Karena sebagian besar adalah formasinya untuk dosen. Jadi untuk Dikti ini ketika masuk ke Dikbud akhirnya masuk di dalam formasi Dikbud semua. Dan Menristek formasinya juga gak besar, ada 11 formasi rasanya," tukasnya. 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓