Erick Thohir: Presiden Telah Pilih Nama Dirut Baru Bank Mandiri dan BTN

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 11 Nov 2019, 20:05 WIB
Diperbarui 11 Nov 2019, 20:05 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir temui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon Direktur Utama tiga BUMN ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga BUMN tersebut adalah MIND ID, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Seperti diketahui, kekosongan Dirut di MIND ID dan Bank Mandiri lantaran kedua pimpinan perusahaan plat merah tersebut dipercaya Erick Thohir menjadi Wakil Menteri BUMN, yaitu Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Sementara kekosongan pimpinan BTN lantaran usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Suprajarto yang terpilih menyatakan mengundurkan diri.

"Mengingat ketiga BUMN tersebut sangat strategis, maka proses pemilihannya melalui TPA. Nama-nama sudah kita serahkan ke TPA," kata Erick Thohir dalam keterangannya, Senin (11/11/2019).

Erick menjelaskan, informasi yang diterima, Presiden Jokowi sudah memilih siapa Dirut Bank Mandiri dan BTN dari nama-nama yang telah diajukan. Hanya saja untuk MIND ID, meski belum dipilih, hal itu masih proses internal TPA.

Khusus untuk Dirut Bank Mandiri, ia menyebut, akan diumumkan pada rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 8 Desember 2019.

"Masalah siapa yang terpilih, kita tunggu keputusan TPA sampai di Kementerian BUMN," tegas Erick.

Dalam kesempatan ini, Menteri BUMN juga menegaskan, pemilihan Dirut BUMN strategis dilakukan melalui TPA dengan tujuan agar pemilihan lebih transparan dan memiliki integritas yang tinggi, mengingat keputusan langsung dari tangan Presiden Jokowi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ditinggal Bos Jadi Wamen, Kapan Bank Mandiri dan Inalum Punya Dirut Baru?

Hari Jadi Satria Muda
Perbesar
Pemilik Satria Muda, Erick Thohir, memberikan sambutan saat peluncuran film 25 tahun Satria Muda di XXI Epicentrum, Jakarta, Kamis (15/11). Peluncuran ini dalam rangka peringatan hari jadi SM yang ke-25 tahun. (Bola.com/Yoppy Renato)

PT Bank Mandiri dan PT Inalum saat ini tidak memiliki direktur utama. Sebab, kedua bos perusahaan pelat merah tersebut diangkat menjadi wakil menteri (wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendampingi Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan segera membahas penunjukan dirut baru di kedua perusahaan tersebut. Hal ini akan dilakukan dalam rapat pertama dirinya sebagai Menteri usai dilantik pada Rabu, 23 Oktober 2019. 

“Besok kan baru rapat pertama antara saya, wamen, sesmen (sekretaris) dan deputi. Besok baru diputuskan,” kata dia di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Dia berharap surat keputusan mengenai penunjukan dirut baru dapat segera dia teken dalam waktu dekat. “Kan surat kepmennya mudah-mudahan saya tandatangani,” ujarnya.

Namun dia enggan mengungkapkan lebih jauh nama calon dirut pengganti dari Kartika Wirjoatmojo (Tiko), dan Budi Gunadi Sadikin (BGS). Sebab masing-masing perusahaan pun perlu masa waktu transisi sebelum menunjuk dirut pengganti. “Segera (ditentukan nama dirut baru), bank mandiri perlu waktu 45 hari,” dia menjelaskan.

Sementara itu, Tiko yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan kemungkinan Bank Mandiri mengumumkan bos barunya. “Desember (tanggal) 20-an mungkin,” ujar dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya