200 Instansi Belum Umumkan Formasi CPNS 2019 Hari Ini

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 11 Nov 2019, 11:37 WIB
Sistem Tes Seleksi CPNS Berbasis On-line, Disimulasikan

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 rencana akan dibuka hari ini pukul 23.11 WIB. Total, ada sebanyak 196.682 formasi yang ditujukan kepada 530 pemerintah pusat dan daerah.

Namun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan, masih ada sekitar 200 instansi yang belum mengumumkan formasinya pada hari ini lantaran berbagai faktor internal.

"Data terakhir yang ada, target kita hari ini pembukaan minimal 300 instansi sudah bisa melakukan pengumuman dan pendaftaran. Sisa masih ada 200an (instansi) yang masih ada beberapa hal (yang harus diselesaikan)," ujar Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto di kantornya, Senin (11/11/2019).

Aris menyebutkan, sekitar 200 instansi tersebut masih terkendala oleh faktor internal seperti proses perbaikan formasi hingga ketidakcocokan gaji.

"Kemudian juga ada beberapa yang masih proses revisi formasi, dan ada instansi yang menunggu keputusan PPK untuk dilakukan pengumuman ini," sambung dia.

Untuk 68 kementerian/lembaga pusat yang membuka pendaftaran CPNS 2019, ia mengumumkan, 7 diantaranya juga belum memasukan formasi ke dalam sistem yang dikelola BKN.

Salah satunya Kementerian Keuangan, yang telay memutuskan untuk memundurkan proses pendaftaran pada 13 November mendatang.

"Totalnya yang masuk sudah 61 dari 68 (instansi pusat). Sebagian besar masih dalam proses validasi di BKN. Jadi tinggal 7 yang belum input data dormasi ke sistem BKN," tukas Aris.

2 of 3

Hore, Portal Pendaftaran CPNS 2019 Sudah Bisa Diakses

Mengintip Seleksi CPNS 2018 di Gedung Wali Kota Jaksel
Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada hari ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan jika portal pendaftaran CPNS sudah bisa diakses pada pagi hari.

Namun demikian, untuk pendaftaran CPNS sendiri baru resmi dibuka pada pukul 23.11 WIB, malam hari.

"Pagi ini portal SSCASN sudah bisa dibuka ya, silahkan dicoba. Namun pendaftaran akan dimulai tetap pukul 11.11 nanti malam," ujar BKN dikutip dalam keterangan di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Meski belum bisa melakukan pendaftaran, para pelamar CPNS bisa mengetahui informasi terkait CPNS 2019 melalui situs tersebut. Dengan demikian, para pelamar bisa mempersiapkan secara lebih matang untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini.

"Sudah banyak loh info yang bisa dipelajari di portal," kata BKN.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓