Sukses

Kemenhub Buka 1.244 Formasi CPNS 2019, Cek Rinciannya

Beberapa jabatan yang dibutuhkan Kemenhub pada seleksi CPNS kali ini terbagi untuk jabatan umum serta jabatan teknis di sektor transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka 1.244 formasi pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang mulai dibuka Senin (11/11/2019) hari ini.

"Formasi kebutuhan CPNS Kemenhub Tahun 2019 diterbitkan melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 412 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2019," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan dalam keterangan tertulis, Senin (11/11/2019).

Hengki menuturkan, saat ini perkembangan transportasi di indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat. Oleh karenanya, Kemenhub disebutnya masih membutuhkan banyak tenaga kompeten di bidang tersebut.

 

"Bila tidak diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia di bidang transportasi yang memadai maka akan berdampak pada kurang optimalnya pelayanan keselamatan transportasi baik darat, laut dan udara maupun perkeretaapian. Sehingga tahun 2019 ini Kementerian Perhubungan masih sangat membutuhkan sumber daya manusia yang memadai," tuturnya.

Adapun beberapa jabatan yang dibutuhkan Kemenhub pada seleksi CPNS kali ini terbagi untuk jabatan umum serta jabatan teknis di sektor transportasi.

Formasi yang dibuka pada jabatan teknis di sektor transportasi antara lain Inspektur Keamanan Penerbangan, Teknisi Penerbangan, Ahli Ukur Kapal, dan Pemeriksa Perkeretaapian. Sementara untuk jabatan umum yakni Pranata Hubungan Masyarakat, Analis Kepegawaian, dan Ahli Perencana.

"Terkait dengan apa saja formasi yang dibutuhkan, para pelamar dapat membuka tautan cpns.dephub.go.id," imbau Hengki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Penempatan

Sebanyak 1.244 formasi yang dibuka pada tahun ini adalah untuk penempatan di kantor pusat dan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenhub yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hengki juga mengimbau kepada para pelamar yang ingin mendaftar agar memperhatikan segala ketentuan dan syarat yang berlaku agar tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran.

"Kami juga menginformasikan seleksi pendaftaran CPNS Kemenhub melalui website maupun media sosial resmi Kementerian Perhubungan," ujar Hengki.

3 dari 3 halaman

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Hari Ini, Simak Dokumen yang Disiapkan

Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada 11 November 2019 atau pada hari ini.

Pemerintah membuka sebanyak 152.250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, yang terbagi untuk 67 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 152.250 formasi CPNS itu dibagi masing-masing 37.425 formasi untuk kementerian/lembaga, dan 114.861 formasi untuk pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019, harus menyiapkan dokumen, diantaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

"Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN," jelas Bima seperti ditulis Senin (11/11/2019).

Dia menuturkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

Dia menjelaskan, pada penerimaan CPNS tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia.

Saat ini Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

"Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa saat pendaftaran daring telah dibuka, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang pada portal SSCASN," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.