Sukses

Inilah 7 Orang Terkaya di China pada 2019

Mayoritas miliarder China di daftar ini adalah wajah-wajah lama

Liputan6.com, Beijing - Perang dagang ternyata tidak membuat konsumen China pantang belanja. Aktivitas belanja online pun tetap mereka gencarkan, sehingga para miliarder pun makin kaya raya meski perekonomian China sedang melambat.

"Total kekayaan dari 400 anggota di China Rich List naik lebih dari seperlima ketimbang tahun lalu menjadi USD 1,29 triliun (Rp 18 ribu triliun), sebagaimana para konsumen China membelanjakan lebih banyak uang untuk segala hal dan membelanjakan lebih banyak lagi secara online," jelas Forbes yang kembali merilis daftar orang terkaya di China.

Mayoritas miliarder China di daftar ini adalah wajah-wajah lama, dan mereka yang berada pada posisi teratas pun masih sosok yang familiar. Sebut saja Jack Ma, Ma Huateng, dan Hui Ka Yan.

Berikut 7 orang terkaya di China pada tahun 2019 versi Forbes:

(USD 1 = Rp 14.013)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7 Orang Terkaya

7. Colin Zhen Huang

Perusahaan: Pinduoduo

Sektor: e-commerce

Kekayaan: USD 21,2 miliar (Rp 297,1 triliun)

Colin pernah menjadi anak magang di Microsoft dan berkarier di Google. Kesuksesan Pinduoduo tak terlepas dari meningkatnya minat belanja online masyarakat China.

6. He Xiangjian

Perusahaan: Midea Group

Sektor: manufaktur

Kekayaan: USD 23,2 miliar (Rp 325,2 triliun)

Midea Group memiliki lebih dari 200 anak usaha. Perusahaan itu tetap sukses meski pendirinya, He Xiangjian, sudah tak aktif lagi di perusahaan sejak tahun 2012.

5. Yang Huiyang dan keluarga

Perusahaan: Country Garden Holdings

Sektor: real estate

Kekayaan: USD 23,9 miliar (Rp 334,9 triliun)

Ia adalah satu-satunya wanita yang muncul di daftar 10 orang China terkaya versi Forbes. Kekayaan Yang Huiyan berasal dari saham pengembang real estate Country Garden Holdings. Saham itu diberikan oleh bapaknya, Yeun Kwo Keung, pada tahun 2007.

3 dari 4 halaman

Pengembang Terkaya di China

4. Sun Piaoyang

Perusahaan: Jiangsu Hengrui Medicine

Sektor: farmasi

Kekayaan: USD 25,8 miliar (Rp 361,5 triliun)

Sun Piaoyang dan istrinya merupakan tokoh farmasi yang saat ini paling tersohor di China. Sun Piaoyang sukses menjadikan Jiangsu sebagai produser terbesar China untuk obat infeksi dan tumor.

Sementara istrinya juga menjadi miliarder berkat perusahaan farmasi Hansoh Pharmaceutical yang wanita itu pimpin.

3. Hui Ka Yan

Perusahaan: Evergrande Group

Sektor: pengembang real estate

Kekayaan: USD 27,7 miliar (Rp 388,1 triliun)

Inilah sosok pengembang terkaya di China. Awalnya, Hui Ka Yang hanya mengambil proyek properti kecil-kecilan, kini Evergrande telah menjadi raksasa real estate China dan ekspansi ke sektor kendaraan listrik.

4 dari 4 halaman

Rivalitas Alibaba vs. Tencent

2. Ma Huateng

Perusahaan: Tencent

Sektor: digital

Kekayaan: USD 27,7 miliar (Rp 388,1 triliun)

Tencent terus bersaing dengan Alibaba dalam hal dominasi digital. Kekayan Ma Huateng dan Jack Ma pun saling bersaing dalam daftar orang terkaya.

1. Jack Ma

Perusahaan: Alibaba

Sektor: digital

Kekayaan: USD 38,2 miliar (Rp 535,7 triliun)

Baru saja pensiun, Jack Ma ternyata masih betah sebagai orang terkaya di China. Meski pensiun, ia masih punya saham di Alibaba. Ia berkata akan menghabiskan masa pensiunnya di sektor pendidikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.