Akhir Pekan, Harga Cabai dan Bawang Naik

Oleh Bawono Yadika pada 08 Nov 2019, 11:30 WIB
Inflasi

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah bahan pangan kompak naik pada hari ini. Harga komoditas cabai seperti cabai rawit merah dan cabai keriting merah tercatat naik di Pasar Pondok Gede, Kota Bekasi.

Pedagang sayur disini, Ibu Atun (56) menuturkan beberapa harga cabai memang mengalami kenaikan harga. Hanya cabai rawit hijau saja yang turun.

"Cabai merah keriting saya banderol Rp38 ribu per kilogram (kg). Sedangkan cabai rawit merah Rp49 ribu per kg, ini keduanya lagi sama-sama naik," ujarnya kepada Liputan6.com, Jumat (8/11/2019).

Atun bercerita, stok komoditas cabai memang mulai habis. Dia sendiri mengambil komoditas sayuran dari pasar induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Salah satunya stok memang mulai habis, jadi pada naik. Nggak cuma cabai, bawang juga lagi tinggi," ujarnya.

 

2 of 3

Bawang Merah dan Bawang Putih

Harga Bawang di Pasar Kramat Jati
Pedagang menjajakan bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (2/4/2019). Sejumlah pedagang di Pasar Induk Kramat Jati mengaku harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil, meskipun terjadi kenaikan harga di beberapa daerah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Senada, pedagang sayur lain Ibu Rini (48) memang berkeluh tentang kenaikan harga cabai. Menurutnya, penurunan harga hanya dijumpai untuk jenis sayur kentang dan juga wortel.

"Dari induk ini harga bawang merah sudah Rp22 ribu. Kita jualnya sekarang Rp30 ribu per kg bahkan bisa lebih, bawang merah naik. Bawang putih yang masih stabil," ujarnya.

Untuk bawang putih, pihaknya mematok harga Rp32 ribu per kg. Adapun kentang dia jual seharga Rp15 ribu per kg. Disusul dengan wortel yang dibanderol Rp10 ribu per kg.

"Tomat juga masih murah, normal Rp10 ribu per kg," kata dia.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓