Sukses

BI: Inovasi Jadi Kunci Kembangkan Ekonomi Syariah Nasional

Potensi ekonomi keuangan syariah nasional yang besar perlu didukung oleh strategi pengembangan yang fokus kepada inovasi.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo menyatakan bahwa sinergi antar lembaga didukung implementasi program yang inovatif menjadi kunci dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah (eksyar). Dengan segala usaha tersebut maka target Indonesia sebagai pusat ekonomi keuangan syariah dunia mudah diwujudkan.

Dody menjelaskan, pada Rabu hingga Jumat nanti BI menggelar Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Indonesia di Surabaya. Penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia di Surabaya menjadi puncak seluruh rangkaian kegiatan di 2019.

Festival Ekonomi Syariah sebelumnya telah digelar di Palembang (2-4 Agustus 2019) dan Banjarmasin (12-14 September 2019). Mengangkat tema “Sinergi Membangun Ekonomi Syariah Indonesia”, Festival Ekonomi Syariah Indonesia merupakan bagian dari kegiatan Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 12-16 November 2019.

Potensi ekonomi keuangan syariah nasional yang besar perlu didukung oleh strategi pengembangan yang fokus kepada inovasi dan pencapaian kualitas yang lebih baik.

"Pagelaran Festival Ekonomi Syariah Indonesia diharapkan dapat memperkenalkan inisiatif dan terobosan dan menghadirkannya sebagai centre of excellence bagi lembaga di dalam Komite Nasional dan Keuangan Syariah (KNKS)," jelas dia seperti ditulis Kamis (7/11/2019).

Festival Ekonomi Syariah Indonesia terdiri dari Sharia Forum dan Sharia Fair. Sharia Forum merupakan rangkaian kegiatan seminar, workshop, dan diskusi ekonomi syariah tingkat nasional.

Sementara itu, sharia Fair menghadirkan showcase produk ekonomi dan keuangan syariah yang mencakup layanan halal, fesyen muslim, makanan halal, wisata halal, pertanian terintegrasi, serta mengangkat potret keberhasilan pesantren dalam membangun kemandirian ekonomi.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajah Baru

Festival Ekonomi Syariah Indonesia merupakan wajah baru dari pelaksanaan ISEF di daerah, yang telah terselenggara dengan sukses di Surabaya dalam lima tahun terakhir dan melahirkan beragam inisiatif yang menjadi rujukan nasional.

Melihat keberhasilan tersebut, ISEF didorong untuk memasuki level yang berbeda dengan menjadi event yang tidak hanya fokus pada skala domestik, namun juga menyentuh level global dengan keterlibatan investor dan forum internasional syariah yang lebih luas.

Festival Ekonomi Syariah Indonesia merupakan kegiatan bersama seluruh pihak yang memiliki keinginan kuat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang lebih maju dan terdepan di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.