Sukses

Pakai Kendaraan Listrik, Masyarakat Bisa Hirup Udara Segar

Pemerintah Indonesia‎ telah berkomitmen untuk menurunkan emisi dalam konfrensi perubahan iklim ke 21 (COP 21) di Paris Prancis.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengawal PLN dalam penyediaan energi kendaraan listrik di Indonesia, sehingga jumlahnya meningkat dan mengurangi emisi.

Moeldoko mengatakan, Pemerintah Indonesia‎ telah berkomitmen untuk menurunkan emisi dalam konfrensi perubahan iklim ke 21 (COP 21) di Paris Prancis pada Desember 2015. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, pemerintah telah berupaya mengurangi penggunaan energi fosil pada kendaraan.

"Untuk itu komitmen ini harus diwujudkan caranya mengurangi emisi dari penggunaan energi fosil," kata Moeldoko, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Menurut Moeldoko, ‎upaya mengurangi pengunaan kendaraan menggunakan energi fosil dengan mendorong penggunaan mobil listrik. Upaya tersebut pun harus didukung oleh PLN selaku operator penyedia listrik.

"Saya ingin membawa forum ini jauh ke depan. PLN memiliki misi membangun peradaban manusia untuk maju sejajaran dengan bangsa lain," tutur Moeldoko.

Moeldoko pun akan mengawal pengembangan kendaraan listrik, termasuk PLN dalam menyediakan energi kendaraan listrik. Hal ini untuk memperbaiki kondisi udara dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

‎"Selaku Kepala Kantor Staf Presiden mengawal ini, masyarakat Indonesia bisa menghirup udara segar karena ada energi pengganti," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Polusi Udara di Jakarta, Anies Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut, kendaraan listrik dan sepeda sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara yang menyelimuti Ibu Kota.

Pemprov DKI Jakarta pun mendorong warga Ibu Kota beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik.

"Kita menyadari banyak tantangan mengenai kualitas udara, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mendorong menggunakan kendaraan yang tidak menimbulkan polusi atau bebas emisi," kata Anies saat menghadiri acara Karnaval Jakarta Langit Biru di Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Anies menambahkan, pembangunan jalur khusus sepeda sebagai salah satu langkah untuk mendukung penggunaan kendaraan bebas emisi dan mengurangi polusi udara.

Sementara, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan, tujuan karnaval tersebut adalah mempromosikan kendaraan listrik kepada masyarakat Jakarta.

"Salah satu tujuannya adalah bagaimana memasyarakatkan atau memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat sehingga kita mengharapkan ke depan makin banyak lagi pengguna kendaraan listrik di Jakarta," kata Ikhsan.

Karnaval digelar mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB. Akibat adanya karnaval tersebut, sejumlah ruas jalan dan rute transjakarta ditutup dan dialihkan.

Kegiatan Karnaval ini juga diramaikan dengan pertunjukkan kesenian Betawi dan menjadi ajang bagi masyarakat untuk menikmati Minggu sore dengan pertunjukan panggung musik di Bundaran Senayan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • KSP