Sukses

Kalimat yang Diucapkan Orang-Orang Sukses Ketika Basa-Basi

Menurut seorang peneliti di Harvard mengatakan bahwa "Apa kabar" adalah kalimat yang paling tidak berguna di dunia komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Para Peneliti di Universitas Harvard mengatakan bahwa "Apa kabar" adalah kalimat yang paling tidak berguna di dunia komunikasi.

Orang yang bertanya sebenarnya tidak ingin benar-benar tahu keadaan orang yang ditanya. Sebaliknya, orang yang ditanya tidak mengatakan yang sebenarnya.

Dalam serangkaian percobaan, para peneliti di Harvard menganalisis lebih dari tiga ribu percakapan.

Seperti melansir dari CNBC, Jumat (8/11/2019), berikut tips ucapan basa-basi yang biasa digunakan oleh orang-orang sukses.

1. Mengamati lingkungan

Buka mata sebelum membuka mulut. Temukan sesuatu untuk difokuskan di sekitar Anda. Seperti karya seni, lukisan di dinding, atau pajangan di sekitar.

Hal tersebut memicu obrolan ringan dan membantu mengarahkan menjadi obrolan yang lebih dalam.

2. Bagikan sebuah cerita tentang Anda

Menurut salah satu peneliti di Harvard mengatakan bahwa percaya atau tidak, kebanyakan orang sebenarnya ingin tahu lebih banyak tentang orang lain.

Jika Anda baru mengenal sebuah perusahaan, mulailah dengan berkeliling ruangan sambil membicarakan hal-hal kecil tentang diri Anda.

Tidak melakukan cara ini, Anda memiliki risiko untuk tidak tahu bagaimana respon lawan bicara tentang sesuatu.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bicara lebih dulu

Baik saat bertemu langsung atau melalui panggilan telepon, usahakan untuk memulai lebih dahulu.

Jika menunggu, Anda akan terjebak dalam percakapan yang tidak mungkin tidak Anda sukai dan kemungkinan akan kehilangan kesempatan.

4. Gerakan tubuh

Berkomunikasi tidak hanya sekedar berbicara atau mengobrol. Nada suara, ekspresi wajah, dan kontak mata juga dapat menentukan sebuah percakapan.

Lihat lawan bicara Anda ketika berbicara. Jika melakukan obrolan telepon, berbicaralah sambil tersenyum karena itu Akan membuat suara Anda terdengar lebih halus dan hangat.

Tidak hanya apa yang dikatakan, melainkan bagaimana Anda menyampaikan, itu akan membantu orang lain dengan mudah terhubung dengan Anda.

5. Lakukan saja

Jika Anda memiliki kepribadian yang introvert, bisa saja memulai obrolan adalah hal yang sulit. Tetapi ketika Anda tidak memulai, Anda akan kehilangan kesempatan untuk terlihat dan berisiko untuk tidak dikenal.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.