Sukses

Terkuak, Gaji Bos McDonald's yang Dipecat Gara-gara Pacaran

Liputan6.com, Illinois - McDonald's baru saja kehilangan CEO mereka, yakni Steve Easterbrook. Alasan pemecatan adalah hubungan asmara antara sang mantan CEO dan karyawannya.

Ia diangkat menjadi CEO McDonald's sejak tahun 2015. Sebagai CEO, ia bertanggung jawab mengatur kebijakan untuk puluhan ribu gerai mereka yang tersebar di 38 ribu lokasi di lebih dari 100 negara.

Lantas berapa gajinya sebagai bos McDonald's?

Menurut Business Insider, gaji pokok Steve Easterbrook adalah USD 1,35 juta per tahun atau Rp 18,9 miliar (USD 1 = Rp 14.010). Namun, ia mendapatkan saham dan kompensasi insentif, sehingga tahun lalu ia membawa pulang total USD 15,9 juta (Rp 222,9 miliar).

Usai dipecat, Steve Easterbrook juga mendapatkan pesangon dari McDonald's. Total pesangon itu minimum sejumlah USD 675 ribu (Rp 9,4 miliar), dan angka itu masih bisa bertambah hingga USD 702 ribu (Rp 9,8 miliar).

Pengganti Steve Easterbrook adalah Chris Kempczinski yang dulunya menjabat sebagai Presiden McDonald's Amerika Serikat (AS). Gaji pokoknya sebagai CEO baru adalah USD 1,25 juta (Rp 17,5 miliar).

Ia pun berhak mendapat bonus target tahunan yang bisa mencapai 170 persen dari gaji pokok bila target tertentu tercapai.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Legowo Dipecat

Dewan direksi McDonald's memecat CEO mereka sendiri akibat kasus memadu asmara dengan karyawannya sendiri. Hubungan itu diketahui bersifat konsensual alias tanpa paksaan.

Dilaporkan Fox Business, Steve Easterbrook yang menjabat sebagai CEO McDonald's sejak tahun 2015 mengakui bahwa ia memang punya hubungan dengan karyawan. Hubungan itu ia anggap sebagai sebuah kesalahan.

Dewan direksi McDonald's pun melakukan pemungutan suara untuk memecat Steve Easterbrook pada Jumat lalu. Perusahaan juga sudah melakukan review pada kasus ini.

Identitas karyawan yang terlibat tidak diungkap. Steve Easterbook pun legowo pada keputusan pemecatan.

"Mengingat nilai-nilai perusahaan, saya setuju pada dewan direksi bahwa ini saatnya bagi saya untuk move on," ujar Easterbrook pada email ke karyawannya.

3 dari 3 halaman

Sosok CEO Baru

Dewan Direksi McDonald's memutuskan memilih Chris Kempczinski sebagai CEO dan Presiden baru McDonald's. Ia sebelumnya sempat menjabat sebagai Presiden McDonald's untuk AS.

Kempczinski baru bergabung ke McDonald's pada tahun 2015 lalu. Ia bertanggung jawab mengurus 14 ribu restoran perusahaan di AS.

Kempczinski memandang pendahulunya sebagai sosok mentor. Sebelumnya, ia pernah bekerja di Kraft Foods dan PepsiCo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.