Sukses

Menteri Edhy Tebar 50 Ribu Ikan Nilem ke Waduk Jakabaring

Dalam jangka panjang, kegiatan budidaya ikan juga dinilai ampuh untuk mengatasi persoalan stunting.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50 ribu ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring, Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam kesempatan tersebut, Menteri Edhy didampingi oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, dan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Agus Suherman.

"Kita melepas sebanyak 50 ribu benih nilem. Ikan nilem adalah ikan asli di perairan Sumatera Selatan. Diharapkan dengan pelepasliaran ini ikan lokal kita dapat terus terjaga," tutur Edhy dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (5/11/2019).

Edhy menambahkan, dirinya berharap berbagai jenis ikan lokal baik ikan air tawar, air payau, maupun air laut dapat dikembangkan dengan kegiatan budidaya. Hal ini senada dengan program nasional pemerintah untuk meningkatkan perikanan budidaya.

"Budidaya ini menghasilkan devisa dan kita masih banyak ceruk untuk melakukan ini. Masih banyak yang bisa kita buat untuk negara agar menghasilkan lapangan pekerjaan dan yang paling penting tambahan penghasilan bagi masyarakat," lanjutnya.

Dalam jangka panjang, kegiatan budidaya ikan juga dinilai ampuh untuk mengatasi persoalan stunting atau hambatan pertumbuhan tubuh dengan menyediakan banyak ikan untuk dikonsumsi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Plankton Feeder

Sementara itu, Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto menyebut, restocking ikan ini dilakukan dalam rangka memperkaya kembali plasma nutfah yang ada di perairan umum, terutama ikan-ikan asli daerah. Menurutnya, ikan nilem saat ini keberadaannya di alam sudah mulai terancam.

Selain itu, Slamet menambahkan, restocking dilakukan dalam rangka menjaga lingkungan perairan karena ikan nilem merupakan plankton feeder. Sebagaimana diketahui, keberadaan plankton memang mengindikasikan kesuburan perairan. Namun, jika plankton terlalu banyak dapat mengganggu keseimbangan ekosistem perairan.

"Ikan ini merupakan plankton feeder sehingga bisa mempertahankan atau bisa menstabilkan air terkait dengan kesuburan perairannya. Jadi diharapkan tidak ada blooming plankton. Kalau ada blooming plankton nanti itu berbahaya pada saat ada upwelling, menyebabkan ikan-ikan mati," jelasnya.

Ikan yang di-restocking juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan pemenuhan gizi masyarakat. "Harapannya ikan nilem ini nantinya beranak-pinak di situ, kemudian banyak masyarakat bisa mengambil ikannya untuk sumber protein dan juga kalau dijual jadi sumber pendapatan masyarakat." kata dia.

Slamet menjelaskan, pada dasarnya ada dua sasaran peningkatan budidaya ikan. Pertama, penyediaan produk-produk perikanan untuk diekspor. Kedua, menyediakan bahan makanan untuk ketahanan pangan.

Sumsel merupakan daerah dengan konsumsi ikan yang cukup tinggi karena memang telah terbiasa dengan kegiatan budidaya ikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.