Sukses

Harga Bawang Merah Naik, Sentuh Rp 30 Ribu per Kg

Harga bawang merah tercatat naik di Pasar Pondok Gede, Kota Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah tercatat naik di Pasar Pondok Gede, Kota Bekasi. Kenaikan harga bawang merah sampai menyentuh Rp 30 ribu per kilogram (kg).

Pedagang Sayur di Pondok Gede, Ibu Atun (56) menjelaskan, harga beberapa komoditas sayuran memang mengalami kenaikan pada hari ini. Hanya komoditas cabai yang mengalami penurunan harga.

Atun pun mengaku memutar otak untuk mengatasi sepinya pembeli di pasar beberapa hari belakangan.

"Bawang merah sekarang Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu per kg saya jualnya. Harga Rp 28 ribu aja sudah naik Rp 600 dari harga sebelumnya," ungkapnya kepada Liputan6.com, Senin (4/11/2019).

Atun melanjutkan, saat ini jauh lebih efektif menjual sayuran dalam jumlah seperapat dibanding per kg.

"Daun pisang aja sekarang Rp 15 ribu, udah pada naik. Makanya kita sekarang jual bawang putih seperapat aja Rp 8 ribu, cabai rawit merah juga seperapat Rp 13 ribu," ujarnya.

Sementara itu, pedagang lain Ibu Rini (48) hari ini membanderol bawang putih di harga Rp 36 ribu per kg. Harga tersebut menurutnya masih terbilang tinggi.

"Bawang merah, bawang putih lagi mahal. Bisa sampai Rp 40 ribu per kg bawang putih," kata dia.

Adapun bawang merah ia jual Rp29 ribu per kg. Cabai rawit merah Rp49 ribu per kg dan cabai keriting merah Rp38 ribu per kg," pungkasnya.

"Selain bawang, ada daung bawang sama timun yang lagi mahal sekarang," ujar Rini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Terlambat Datang, Harga Ayam Melambung

Harga komoditas daging sapi dan ayam terpantau naik di pasar Pondok Gede, Kota Bekasi. Akibat kenaikan tersebut, jumlah pembeli menurun.

Ibu Warni (53), pedagang ayam, menyebut harga ayam mengalami kenaikan di awal pekan ini. Stok dari pusat pun dibilang lamban untuk sampai ke pedagang-pedagang pasar seperti dirinya.

"Satu kilogram (kg) ayam sekarang Rp36 ribu. Biasanya kan Rp 26 ribu per kg. Udah sepekan ini naik," ucap Warni gamblang kepada Liputan6.com, Senin (4/11/2019). 

Dia juga sempat mengeluhkan pembeli yang sepi imbas dari kenaikan harga ayam. Kata dia, hanya pelanggan yang sudah kenal saja membeli ayam.

"Kita juga udah enggak motong (ayam) ini. Terlambat dari sananya ngantre. Kita kan enggak kuat modalnya," kata dia.

Hal senada juga diutarakan pedagang lain, yaitu Pak Irwan (45), yang membanderol harga daging ayam sampai ke posisi Rp 35 ribu per kg.

"Sudah enggak di kisaran Rp 20 ribu lagi, enggak masuk. Kita di sini Rp 35 ribu sampai Rp 36 ribu per kg," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini