Sukses

Data Pekerjaan AS Membaik, Harga Emas Turun 0,2 Persen

Harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD 1.510,82 per ounce

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas turun pada hari Jumat karena data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan dan data industri yang kuat dari China memperkuat sentimen untuk aset berisiko.

Dikuitp dari CNBC, harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD 1.510,82 per ounce. Sementara harga emas berjangka AS sedikit berubah pada USD 1.513,20.

"Untuk saat ini, harga emas berada di bawah tekanan dengan berita ekonomi yang positif," kata Analis Mitsubishi Jonathan Butler.

"Dari sini, sulit untuk melihat apa yang menjadi faktor utama kenaikan untuk emas selain dari beberapa peristiwa geopolitik, dengan Federal Reserve AS siap mempertahankan suku bunga untuk saat ini," lanjut dia.

 

Pertumbuhan pekerjaan AS melambat dari yang diharapkan pada Oktober. Sementara data pekerjaan dalam dua bulan sebelumnya lebih kuat dari yang diperkirakan, menawarkan jaminan bahwa konsumen akan terus menopang perlambatan ekonomi untuk sementara waktu.

The Fed memotong suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini, tetapi mengisyaratkan tidak akan ada pengurangan lebih lanjut kecuali jika ekonomi menjadi lebih buruk.

Suku bunga yang lebih rendah umumnya mengurangi biaya peluang memegang emas yang tidak menghasilkan dan membebani dolar.

"Meskipun masih di atas USD 1.500, sulit untuk membangun kasus untuk pemulihan bullish berkelanjutan saat ini karena logam tetap sensitif terhadap berita utama," kata MKS PAMP dalam sebuah catatan.

"Level resistance duduk di USD 1.520-USD 1.525, dengan ekstensi menuju resistance keras di USD 1.535," ungkap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perang Dagang AS-China

Pasar saham mendapat angin segar dari data pekerjaan dan angka Oktober AS yang menunjukkan aktivitas industri China meningkat dengan laju tercepat dalam lebih dari dua tahun.

Yang juga mengangkat sentimen untuk aset berisiko adalah pernyataan oleh Presiden AS Donald Trump mengatakan Washington dan Beijing akan segera mengumumkan tempat baru untuk penandatanganan perjanjian perdagangan Fase Satu, setelah protes di Chili mengakibatkan pembatalan KTT yang direncanakan di sana. bulan.

Dalam hal prospek keseluruhan untuk emas, bagaimanapun, tren positif dengan logam kemungkinan konsolidasi sebelum bergerak lebih tinggi, kata Edward Moya, seorang analis pasar senior di OANDA, menambahkan ada keraguan bahwa perang perdagangan akan benar-benar selesai dan investor juga skeptis tentang melompat ke reli pasar saham.

"Ada seruan kuat untuk diversifikasi portofolio dan orang-orang lebih suka emas daripada Treasury," ungkap Edward.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.