Simak, Bocoran Jawaban Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja

Oleh Fitriana Monica Sari pada 08 Nov 2019, 06:00 WIB
Siapkan 6 hal sederhana berikut ini sebelum wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda ingin coba mencari pekerjaan di tempat lain agar karier lebih baik? Sudah mendapat panggilan wawancara kerja?

Wawancara kerja bisa tetap menjadi hal yang menegangkan, meskipun kita telah melaluinya beberapa kali.

Bagaimana tidak, Anda berhadapan dengan orang yang akan menentukan bagaimana karier ke depannya. Apakah Anda dapat diterima di tempat kerja yang diinginkan, dan apakah uang dalam rekening Anda akan bertambah setiap bulannya.

Banyak hal yang dipikirkan dan disiapkan para kandidat agar wawancara kerjanya sukses seperti yang mereka harapkan. Mulai dari penampilan, mencari tahu lokasi wawancara kerja, hingga pertanyaan-pertanyaan di luar ekspektasi yang ditanyakan oleh pewawancara, entah itu HRD atau User.

Pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara ini tak bisa dianggap remeh. Pertanyaan yang diajukan biasanya 'menjebak' dan berbelit untuk mengetes konsistensi Anda. Namun, kadang Anda justru dibuat bingung dengan konteks dan tidak bisa menjawab dengan baik.

Namun kini Anda tak perlu khawatir lagi untuk menghadapi wawancara kerja. Sebab dalam kesempatan kali ini, Liputan6.com akan membagikan kisi-kisi pertanyaan sulit saat wawancara kerja, seperti dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker:

2 of 4

1. Kenapa Anda tertarik bekerja di perusahaan ini?

Wawancara Kerja
Ilustrasi wawancara kerja/copyright shutterstock

Tips: Mengapresiasi perusahaan yang akan dilamar bahwa perusahaan tersebut telah memiliki reputasi yang baik. Jawab dengan jujur tanpa melebih-lebihkan.

2. Kenapa Anda cari pekerjaan baru?

Tips: Fokus pada calon pekerjaan baru daripada alasan yang dibuat-buat. Katakan Anda ingin mencari tantangan dan mencoba posisi baru.

3 of 4

3. Kenapa resign dari perusahaan lama?

Ilustrasi Wawancara Kerja
Ilustrasi Wawancara Kerja. (iStock)

Cara menjawab: Butuh tantangan baru karena ingin meningkatkan skill. Tempat yang lama merupakan zona nyaman.

4. Apa kelebihan Anda?

Tips: Jawab dengan rendah hati. Spesifik sesuai bidang pekerjaan Anda, dan berikan contoh cara Anda bekerja profesional.

4 of 4

5. Berapa gaji yang Anda minta?

5 Tips Ampuh Mendapatkan Tawaran Gaji Tinggi Saat Wawancara Kerja
Begini caranya mendapatkan tawaran gaji tinggi saat wawancara kerja.

Tips: Sesuaikan dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan skill yang Anda miliki.

Lanjutkan Membaca ↓