Kisah Investasi Fantastis Keluarga Misterius Asal Belanda

Oleh Tommy Kurnia pada 03 Nov 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 05 Nov 2019, 18:13 WIB
Semarak Amsterdam Light Festival Jelang Natal

Liputan6.com, Amsterdam - Keluarga Van der Vorm yang terkenal penuh rahasia terkuak bertambah kaya USD 4 miliar atau Rp 56 triliun (USD 1 = Rp 14.058) pada bulan Juli lalu. Keluarga asal Belanda ini dikenal penuh rahasia dalam masalah kekayaan mereka yang berlimpah berkat investasi.

Dilaporkan Bloomberg, keluarga Van der Dorm mendapat perusahaan optik GrandVision pada bulan Juli lalu dan baru diketahui pada bulan Oktober. Perusahaan Grandvision merupakan induk dari brand optik seperti iSwitch, Heritage, Activ, BeBright, iWeart dan eyexpert.

Penjualan sebesar Rp 56 triliun itu menambah lagi kekayaan keluarga Van der Dorm. Kekayaan keluarga Van der Vorm tercatat sebesar USD 11,2 miliar (Rp 157,3 triliun) berkat investasi jangka panjang mereka yang berhasil.

Akan tetapi, keluarga ini sangatlah tertutup dalam hal harta, perusahaan, dan investasi. Nama keluarga itu pun tidak tampak di daftar orang kaya Bloomberg atau Forbes.

Awalnya, mereka sukses berkat penjualan perusahaan shipping mereka, yakni Holland America Line. Pada tahun 1980-an, perusahaan itu mereka jual seharga USD 600 juta dan uangnya ditanam di firma investasi Holland America Line (Hal).

Keputusan investasi keluarga Van der Vorm ternyata menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Aset HAL kini terdiri atas holding di sektor pengolahan kayu, penerbangan, dan maritim.

Aset yang dimiliki Hal kini sebesar USD 12,5 miliar (Rp 175 triliun). Dan sebagai investor utama, keluarga Van der Vorm pun meraup kekayaan sebesar USD 11,2 miliar.

2 of 4

Berani Investasi Jangka Panjang

Kota Amsterdam
Keindahan Kota Amsterdam

Selain investasi di Hal, keluarga Van der Vorm juga menanamkan modal di sektor properti. Ini mereka lakukan di Seattle, Amerika Serikat, tempat keluarga itu juga sempat berbinis sebelum menjual perusahaan kapal mereka.

Keluarga Van der Vorm membeli lebih dari dua lusin properti di area Seattle selama seperempat abad terakhir. Salah satunya bahkan terjual USD 20,5 juta (Rp 288 miliar) pada tahun lalu.

Komitmen keluarga itu untuk berinvestasi pada perusahaan dan tidak gampang menjual sahamnya pun mendapat nilai positif dari analis.

"Keluarga itu berani membuat pertaruhan besar pada perusahaan-perusahaan dan juga berani untuk memegang investasi mereka dalam waktu lama," ujar Thijs Berkelder dari ABN Amro Bank NV.

3 of 4

Penuh Rahasia

Semarak Amsterdam Light Festival Jelang Natal
Para wisatawan dapat menikmati semarak lampu di sekitar kanal yang terkenal di kota Amsterdam ini. (Liputan6.com/Unoviana Kartika Setia)

Perusahaan Hal sebetulnya sudah menjadi perusahaan yang melantai di bursa. Artinya, mereka sudah menjadi perusahaan publik.

Namun, tetap saja keluarga Van der Vorm ogah tampil ke publik. Mereka pun memakai saham atas unjuk (bearer stock) sehingga mereka bisa menyembunyikan identitas mereka dengan inisial saja.

Analis pun menilai perusahaan yang penuh rahasia seperti Hal termasuk fenomena yang langka.

"Mereka selalu menolak untuk menjawab pertanyaan yang paling sepele sekalipun dan selalu mengarahkanmu ke situs mereka. Sangat aneh di zaman sekarang untuk melihat perusahaan yang penuh rahasia seperti Hal," jelas analis KBC Securities Joachim Vansanten.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓