7 Cara Melindungi Uang dari Kejahatan Skimming

Oleh Liputan6.com pada 03 Nov 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 04 Nov 2019, 10:13 WIB
Ilustrasi scammer memanfaatkan akses jarak jauh sebagai celah keamanan

Liputan6.com, Jakarta Di era globalisasi saat ini, membuat banyak orang menggunakan jasa online untuk membeli sesuatu. Praktek skimming pun kerap dilakukan orang tak bertanggung jawab untuk keuntungan semata seiring kebiasaan masyarakat ini.

Salah satu modus yang dipakai, mengambil data kartu kredit saat pengguna melakukan transaksi. Kemudian data dijual kepada pelaku kejahatan.

Seperti melansir dari CNBC, Minggu (3/11/2019) berikut adalah langkah untuk menjaga informasi keuangan

1. Gunakan kartu kredit virtual

Kartu kredit virtual adalah nomor sementara yang memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu kredit tanpa memaparkan informasi akun ke situs web. Jika informasi terungkap, Anda tidak perlu mengganti kartu kredit. Cukup tutup kartu virtualnya.

Jangan pernah menggunakan kartu debit saat berbelanja online. Kartu kredit menawarkan perlindungan yang lebih baik bagi konsumen.

Kartu debit pada dasarnya bertindak sebagai uang tunai, sedangkan jika pencuri menggunakan kartu kredit Anda, sebenarnya tidak ada uang yang diambil dari Anda.

2 of 4

2. Bayar menggunakan pihak ketiga

PayPal 2
Foto: techfever.net

Jika Anda tidak ingin menggunakan kartu kredit untuk pembelanjaan online, ada baiknya mencoba membayar melalui pihak ketiga. Atau Anda bisa menggunakan jenis pembayaran lainnya yang sejenis.

Pembayaran melalui pihak ketiga memperkecil peluang untuk terkena kejahatan.

3. Selalu perbaharui teknologi 

Ada baiknya untuk menjaga sistem operasi telepon dan komputer Anda tetap baru dan mengaktifkan pembaruan otomatis. Atau menginstal aplikasi pengaman yang memberikan pelayanan perangkat keamanan.

4. Hati-hati dengan tawaran hadiah

Para pelaku kejahatan menggunakan taktik yang mereka gunakan untuk mencuri informasi kartu kredit  untuk mencuri saldo.

Hal tersebut bisa saja membuat Anda tidak sadar jika sudah kehilangan uang karena tidak ada yang memeriksa kartu kredit setiap hari.

3 of 4

5. Hati-hati dengan penipuan

5 Jenis Penipuan yang Perlu Diwaspadai di Facebook
Ilustrasi (i24News.tv)

Mungkin beberapa dari Anda pernah menerima surat elektronik dari pihak yang mengaku dari perusahaan tertentu. Bila itu terjadi maka selalu periksa isi tawaran. Hati-hati dengan email yang menyuruh Anda untuk mengklik tautan tertentu.

6. Secara teratur memonitor rekening bank

Jadilan konsumen yang proaktif dengan sering melindungi informasi keuangan. Seiring perkembangan zaman, penipuan keuangan semakin canggih.

Secara teratur, periksalah laporan bank dan kartu kredit selain itu atur peringatan kartu kredit dan rekening bank. Lapor jika terjadi sesuatu yang mencurigakan.

7. Perhatikan laporan kredit

Selain monitor rekening bank, sesekali periksa laporan kredit Anda. Jika Anda mendapati sesuatu yang aneh, segera laporkan agar masalah lebih cepat teratasi.

Reporter: Chrismonica

 

4 of 4

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓