Sukses

5 Cara Menetapkan Tujuan Karier dan Keuangan

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan membantu dalam mencapai karier dan kesuksesan finansial.

Liputan6.com, Jakarta Merasa telah bekerja keras tetapi pekerjaan tak kunjung sukses, itu tandanya Anda masih belum membuat sebanyak yang dirasa layak didapatkan. Hingga kemudian Anda merasa terjebak.  

Kemudia, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan membantu dalam mencapai karier dan kesuksesan finansial.

 

Nah,ada beberapa cara dalam menetapkan tujuan karier atau keuangan. Dikutip dari Laruno.id, berikut lima cara menetapkan tujuan karier dan keuangan :

1. Cari tahu keinginan 

Sebelum Anda dapat menetapkan tujuan, Anda harus mencari tahu apa yang jadi keinginan. Anda harus memiliki visi untuk hidup. Namun jika belum jelas, tanya pada diri sendiri apa yang membuat Anda bersemangat.

Pikirkan apa yang akan ingin Anda lakukan. Dan begitu Anda tahu apa yang menjadi keinginan. Anda akan memiliki motivasi yang dibutuhkan untuk menetapkan tujuan yang akan membantu Anda mencapai kehidupan impian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tuliskan Tujuan

Ketika menetapkan tujuan, itu tidak cukup hanya berpikir untuk melakukan sesuatu. Jika Anda tidak menuliskannya, tujuan apa pun yang mungkin Anda miliki hanya akan berputar-putar di kepala. Bahkan Anda akan lebih cenderung melupakannya.

Tidak hanya menuliskan tujuan, tetapi Anda harus meletakkan dokumen itu di mana dapat melihatnya.

Letakkan daftar tujuan Anda di meja kantor, di cermin kamar mandi atau di kulkas sebagai pengingat terus-menerus tentang apa yang ingin jadi capaian.

3. Buat rencana aksi

Dokumen tujuan Anda harus benar-benar menjadi rencana aksi, bukan hanya daftar apa yang ingin dicapai.

Tempatkan apa yang benar-benar Anda inginkan dalam visi itu. Cantumkan lima sasaran teratas untuk membantu Anda lebih dekat dengan visi.

Untuk membuat rencana aksi, tulislah langkah-langkah spesifik yang ingin Anda capai setiap bulan yang akan membuatnya terjadi.

Dengan membuat rencana aksi, Anda dapat melihat bahwa sasaran Anda berada dalam jangkauan Anda. Ini memberi Anda perasaan bertanggung jawab.

3 dari 3 halaman

4. Pecahkan Sasaran

Ketika Anda mulai merasa kewalahan dengan mencoba mencapai tujuan Anda, ubahlah visi menjadi beberapa bagian. Dengan kata lain, gambarkan tujuan besar Anda menjadi hal-hal kecil yang dapat dilakukan setiap minggu ke depan.

Keyakinan Anda akan meningkat ketika mampu menyelesaikan setiap tugas kecil, dan Anda akan termotivasi untuk tetap bekerja menuju tujuan yang lebih besar.

5. Pantau Kemajuan 

Lacak apa yang telah Anda lakukan dan apa yang perlu dilakukan untuk melangkah lebih dekat ke tujuan. Melacak sasaran juga dapat membantu merayakan keberhasilan. Serta memberi motivasi yang Anda butuhkan untuk melanjutkan usaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini