Sukses

Jalan Kaki, Erick Tohir Temui Anies Bahas Integrasi Transportasi

Erick Thohir ingin agar sistem transportasi di Jakarta dari segi pembayarannya dapat terkoneksi dengan seluruh moda transportasi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir, mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta, Selasa (29/10). Ditemani Wakil Menteri BUMN, Kartiko Wirjoatmodjo, keduanya kompak berjalan kaki dari kantornya yang terletak tidak begitu jauh dengan Balai Kota, Jakarta.

Erick mengaku kedatangannya ke Balai Kota terkait dengan masalah transportasi yang ada di Jakarta. Bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Erick telah banyak membicarakan bagaimana agar transportasi di Jakarta dapat terkonektivitas dengan baik.

"Intinya bagaimana mengsinkronisasi moda transportasi di Jakarta agar apa yang dibilang Presiden di visinya jangan hanya sending, tapi deliver. Nah, ini kalau moda transportasi Jakarta dibeda-bedakan, gimana bisa menyambung dengan transportasi yang lain," kata dia usai ditemui di Jakarta, Selasa (29/10).

Erick Thohir ingin agar sistem transportasi di Jakarta dari segi pembayarannya dapat terkoneksi dengan seluruh moda transportasi lainnya. Sebab, dia merasa selama ini banyak masyarakat yang justru kesulitan, apabila ingin berpindah dari transportasi satu ke transportasi lainnya.

"Kadang-kadang berhenti di sini, mesti jalan baru nyambung lagi kartunya beda lagi. Nah, ini kan mesti dipikirkan apalagi ini akan menjadi kota global, ini musti dilakukan," jelas dia.

Erick Thohir menyebut secara penuh BUMN akan mendukung upaya konektivitas tersebut. Nantinya, juga ada salah satu BUMN yang akan mengupayakan untuk mengeluarkan semacam kartu yang bisa mengkonektivitaskan segala moda transpotrasi. Namun hal itu, masih akan di kaji oleh pihaknya.

"Intinya biarkan saja ini dipimpin gubernur. BUMN mendukung karena memang kita mau bangun ekosistem yang sehat antara BUMN BUMD dan BUMS. Dengan demikian, Jakarta bisa menjadi kota yang sangat memudahkan kehidupan rakyat. Jangan sampai, lihat jalan sekarang hari ini kan sudah enak," ucapnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan BUMN

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengaku mendapatkan sebuah kehormatan karena langsung disambangi langsung oleh Menteri BUMN.

Anies mengatakan, dengan dukungan BUMN, tentu saja Instruksi Presiden dalam Rapat Terbatas awal tahun terkait dengan integrasi transportasi bisa berjalan.

"Kami senang sekali bahwa rencana untuk melaksanakan Instruksi Presiden dapat segera kita laksanakan," kata Anies

Lebih jauh Anies menjelaskan, pada pengelolaan transportasi umum pihaknya akan mengintegrasikan terlebih dahulu antara kereta api dengan angkutan darat. Sehingga ke depan diharapkan bisa menjadi satu pengelola.

Anies menyebut nanti akan ada tim kecil yang akan bekerja dari Pemprov DKI dan juga BMUN. Tim kecil ini nanti akan merumuskan langkah-langkah teknisnya bakal seperti apa. "Ini baru pertemuan pertama dan Pak Menteri khusus datang untuk menunjukkan bahwa memang pemerintah pusat memberikan perhatian besar pada pembangunan infrastruktur di Jakarta," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.