Sukses

Strategi Dapatkan Premi Asuransi Murah

Supaya pembayaran asuransi murah, Anda bisa melakukan cara berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Punya asuransi jiwa sepatutnya sudah ada di dalam rencana keuangan Anda sejak lama, apalagi bagi yang sudah punya tanggungan.

Layanan yang satu ini akan memberikan perlindungan kepada anggota keluarga yang menjadi tanggungan, jika sewaktu-waktu terjadi risiko terhadap diri Anda.

Namun kenyataannya, penggunaan asuransi jiwa di Indonesia terbilang masih sangat rendah.

Hal ini tentu patut disayangkan, mengingat layanan ini begitu penting dan bisa memberikan banyak manfaat di masa mendatang.

Mahalnya premi asuransi kerap menjadi alasan untuk tidak memiliki produk ini di dalam keuangan.

Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, mendapatkan asuransi jiwa dengan premi yang murah masih sangat mungkin saat ini.

Hal ini tentu harus disesuaikan dengan pemilihan produk asuransi yang tepat sejak awal.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki komitmen yang kuat untuk pengadaan layanan produk ini di dalam keuangan Anda. Sehingga pembayaran preminya tidak akan mengalami kendala di masa yang akan datang.

Nah, supaya pembayaran asuransi murah, Anda bisa melakukan cara berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ambil Asuransi Jiwa yang Murni Saja

Di antara beberapa pilihan produk asuransi jiwa, asuransi jiwa murni akan menjadi pilihan sangat tepat buat Anda.

Selain preminya yang murah, asuransi jiwa murni ini juga memungkinkan Anda mendapatkan uang pertanggungan yang terbilang besar.

Asuransi jiwa murni merupakan jenis asuransi yang tidak memiliki tambahan program investasi di dalamnya. Sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan nilai premi yang jauh lebih rendah.

Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi jiwa murni ini, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan dan memilih salah satu produk yang paling tepat.

Selain itu premi yang ditawarkan juga sangat beragam dan pada umumnya cukup terjangkau. Meski begitu, Anda tetap perlu menyesuaikan kebutuhan uang pertanggungan yang akan dibutuhkan dengan jumlah premi yang paling tepat untuk Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Tunggu Tua, Belilah Polis Asuransi Jiwa saat Masih Muda

Sama dengan jenis asuransi lainnya, asuransi jiwa juga seharusnya Anda miliki sejak dini, tepatnya sejak Anda sudah memiliki tanggungan.

Semakin cepat Anda membeli polis asuransi jiwa, maka akan semakin murah juga jumlah premi yang harus Anda bayarkan.

Hal ini tentu selalu menjadi pertimbangan yang penting, apalagi jika sejak awal Anda menginginkan nilai premi yang terjangkau dari produk asuransi jiwa ini.

Hindari untuk menunda-nunda penggunaan asuransi jiwa, sebab Anda tidak akan pernah tahu kapan resiko bisa terjadi, bukan?

3. Tak Perlu Ambil Rider atau Asuransi Tambahan

Penggunaan rider dalam produk asuransi menjadi hal yang lazim dilakukan, termasuk dalam asuransi jiwa. Rider merupakan asuransi tambahan yang digunakan untuk mendapatkan manfaat tambahan tertentu di dalam asuransi.

Namun penggunaan rider ini akan secara otomatis menambah jumlah premi yang harus Anda bayarkan. Sementara jika tujuan Anda menghemat, maka penggunaan rider ini tentu bukan pilihan yang tepat. Hindari penggunaan rider dalam asuransi jiwa, agar Anda bisa mendapatkan premi yang murah.

Pada umumnya, agen asuransi akan secara otomatis menambahkan rider ini di dalam produk yang mereka jual. Sehingga Anda perlu memahami dan meminta agen untuk membatalkannya.

Cek proposal asuransi Anda dengan cermat dan pastikan tidak ada rider yang akan membuat beban premi Anda semakin mahal di sana.

3 dari 4 halaman

4. Tak Perlu Mahal, Pilih Premi yang Paling Rendah

Masing-masing perusahaan asuransi akan memiliki jumlah minimum premi yang mereka tetapkan bagi pengguna layanan mereka. Jumlah premi ini tentu akan disesuaikan dengan uang pertanggungan yang akan dibayarkan kepada pengguna asuransi.

Agar premi Anda menjadi lebih murah, pastikan Anda memilih jumlah minimum premi yang paling rendah. Jumlah ini sangat bervariasi, namun saat ini masih ada perusahaan yang menerapkan minimum premi sebesar Rp250 ribu.

5. Jangan Pilih Asuransi Seumur Hidup

Anda tidak perlu mengambil asuransi seumur hidup, sebab ini akan memboroskan banyak uang. Gunakan asuransi jiwa hingga usia 70 tahun saja, sebab setelah usia tersebut rasanya Anda tentu sudah tidak lagi memiliki tanggungan.

Di usia tersebut, anak-anak Anda tentu sudah bekerja dan memiliki penghasilan. Sehingga Anda tak lagi perlu memberikan mereka perlindungan finansial di masa-masa tua Anda nanti.

4 dari 4 halaman

6. Jangan Lupa untuk Tetap Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Penting untuk selalu memiliki gaya hidup sehat, bahkan saat Anda ingin atau bahkan sudah menggunakan layanan asuransi jiwa. Jika Anda dalam kondisi sehat, maka peluang untuk mendapatkan premi asuransi yang murah sangat terbuka.

Namun sebaliknya, saat perusahaan menemukan indikasi penyakit, maka Anda bisa saja dikenakan ekstra premi yang pada akhirnya membuat nilai premi Anda menjadi lebih mahal.

Pilih yang Tepat dan Beli Sekarang Juga

Memiliki asuransi jiwa menjadi hal penting yang harus Anda upayakan, terutama jika Anda sudah memiliki tanggungan.

Pilih produk asuransi jiwa yang tepat dengan premi murah yang terjangkau, sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan baik.

Beli dan gunakan asuransi jiwa sekarang juga, agar Anda bisa memberikan jaminan finansial pada anggota keluarga Anda dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini