Harga Cabai dan Bawang Merah Masih di Level Rp 50 Ribu per Kg

Oleh Athika Rahma pada 28 Okt 2019, 14:48 WIB
Diperbarui 28 Okt 2019, 14:48 WIB
Harga Cabai di Pasar Induk Kramat Jati

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas di pasar tradisional terpantau masih tinggi. Pantauan Liputan6.com di Pasar Kelapa Gading, Jakarta Utara, harga cabai dan bawang merah belum mengalami perubahan.

Seperti yang diketahui, sebelumnya harga cabai merah naik sebesar Rp 4 .000 hingga Rp 5.000 per kg. Lilis, salah satu pedagang mengungkapkan jika dirinya masih menjual sayuran dengan harga yang sama.

"Cabai masih sama, kemarin naiknya Rp 4.000 sampai Rp 5.000 per kg. Saya jual yang keriting (cabai merah keriting) Rp 50 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 54 ribu per kg," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (28/10/2019).

Sementara Dul, pedagang sayur lainnya, menjual cabai merah besar seharga Rp 41 ribu per kg. Dia juga mematok harga cabai rawit hijau sebesar Rp 45 ribu per kg, tidak jauh berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Kenaikan harga ini sudah terjadi dari minggu lalu. Meski begitu, para pedagang tidak tahu sebab kenaikan harga cabai dan bawang ini. Namun mereka mengaku telah terbiasa karena komoditas seperti cabai dan bawang merah memang sangat fluktuatif.

"Ya, kayaknya nggak ada apa-apa dari sana (pemasok), memang cabai sama bawang kan harganya suka naik turun, mungkin beberapa hari lagi bisa turun (harga) lagi," ujar Dul.

Untuk bawang merah, harga yang dipatok para pedagang mencapai Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kg. Sementara bawang putih dijual Rp 35 ribu per kg.

Komoditas yang lain juga masih ajeg di harga yang sudah ditentukan, seperti kentang seharga Rp 16 ribu per kg dan tomat Rp 12 ribu per kg.

2 dari 2 halaman

Harga Cabai dan Bawang di Pasar Tradisional Kompak Turun

FOTO: Setelah Idul Adha, Harga Cabai Mulai Turun
Harga cabai rawit pun ikut turun yang sebelumnya harganya mencapai Rp 120.000 per kg. Sekarang dijual Rp 80.000 per kg.

Harga bahan pangan di Pasar Kranji kota Bekasi terpantau turun pada Jumat ini. Dari harga cabai hingga bawang kompak turun.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, penjual sayur Bapak Luki (52) menuturkan, merosotnya harga sejumlah sayuran disebabkan tengah musim kemarau.

"Seminggu ini sudah turun bahan sembako. Merosot kayanya karena musim kemarau ya," tuturnya kepada Liputan6.com, Jumat (27/9/2019).

Luki menjabarkan, dirinya kini membanderol harga cabai merah keriting Rp 40 ribu per kilogram (kg). Kemudian cabai merah besar yang dipatok seharga Rp 45 ribu per kg. Kedua cabai ini diklaimnya serempak tengah turun harga.

Seirama, pedagang sayur lainnya Rini (55) mengungkapkan harga sayuran memang sedang mengalami penurunan harga. Kenaikan hanya ditemui pada jenis bumbu-bumbu bahan makanan.

"Sayuran rata-rata turun. Sekarang saya jual tomat sudah kembali Rp 8.000 per kg. Kemarin bisa di atas Rp 10 ribu kan. Palingan bumbu-bumbu aja yang naik, kayak jahe," terangnya.

Hari ini, Rini mematok cabai rawit merah di harga Rp 55 ribu per kg. Diikuti cabai merah besar sebesar Rp 40 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting besar di kisaran Rp 40-45 ribu per kg.

Untuk komoditas bawang, Rini menjelaskan juga alami penurunan harga. Bawang merah kini dijual di rentang harga Rp 23-25 ribu per kg.

"Kalau bawang putih Rp 30-35 ribu per kg. Sama juga, bawang ini lagi pada turun," paparnya.

Lanjutkan Membaca ↓