PLN akan Kampanye Kendaraan Listrik di Ajang Karnaval Jakarta Langit Biru

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 26 Okt 2019, 18:40 WIB
Diperbarui 26 Okt 2019, 19:16 WIB
Mobil Listrik Mewah dan Motor Listrik Jadi Daya Tarik Untuk Swafoto

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) mendukung kampanye Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru, dengan konvoi kendaraan listrik pada pada 27 Oktober 2019.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN.I Made Suprateka mengatakan, PLN mendukung penuh kegiatan ini karena mempunyai visi yang sama yaitu mengoptimalkan pemakaian energi listrik untuk mewujudkan lingkungan bebas polusi.

Semangat ini sesuai dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 yang diperingati 27 Oktober dan dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober.

"Dalam kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru, PLN menjadi sponsor penuh. Tujuannya yaitu PLN ingin bersama-sama Pemprov DKI Jakarta menggaungkan semangat menciptakan Jakarta yang lebih sehat tanpa polusi dengan lebih mengkampanyekan kendaraan listrik untuk operasional sehari-hari masyarakat (eco moving)," kata Made di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Dalam kegiatan Jakarta Langit Biru, dibutuhkan daya listrik sebesar 378.000 Volt Ampere (VA) yang semuanya dipasok menggunakan listrik PLN, tanpa genset. Untuk menambah keandalan pasokan, PLN menyiapkan 2 unit UPS dengan daya masing-masing 100.000 dan 300.000 VA.

"Kita kampanye anti polusi dengan kendaraan listrik, untuk acarapun digelar tanpa asap polusi," tambah Made.

 

2 of 2

Rekor MURI

SPLU
Stasiun Penyedia Listrik Umum. (Arief/Liputan6.com)

Pemecahan rekor MURI juga siap dilaksanakan dengan konvoi kendaraan listrik terbanyak. Oleh karena itu PLN menyiapkan Stasiun Pengisisan Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk motor sebanyak 24 buah dimana masing-masing SPKLU bisa untuk mengisi baterai 4 motor bersamaan.

Selain itu ada 1 buah SPKLU untuk mobil. SPKLU di acara tersebut bersifat temporer hanya untuk kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik peserta karnaval.

"Program promo PLN terkait kendaraan listrik, maupun layanan lainnya. Akan ada tim pemasaran PLN yang siap membantu pengunjung," tutur Made.

Selain melalui keikutsertaan di karnaval, dukungan PLN untuk mewujudkan Jakarta Langit Biru yaitu mendukung pertumbuhan kendaraan listrik sebagai penggerak penyedian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). PLN sudah menyiapkan beberapa titik SPKLU untuk mobil maupun motor di Jakarta.

"Polusi di Jakarta tidak hanya disumbang dari kendaraan saja. Salah satu sumber polusi di Jakarta yaitu penggunaan generator set untuk event maupun pembangunan gedung-gedung di Jakarta. Andil PLN mengurangi polusi akibat genset untuk mewujudkan langit biru Jakarta yaitu menyiapkan listrik di luar ruang yang menggunakan alat disebut Power Bank PLN," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by