Sukses

4 Cara Sederhana Kurangi Stres di Tempat Kerja

Jika stres terus meningkat, karier yang dijalani bisa terhambat bahkan bisa terancam.

Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda sering mengalami stres di tempat kerja? Tenang, bukan hanya Anda saja yang mengalaminya, tapi banyak orang juga yang mengalami hal demikian.

Stres merupakan salah satu hambatan yang sering dihadapi oleh pekerja. Umumnya, setiap orang memiliki tingkatan stres yang berbeda saat bekerja. Meskipun mereka berada di tempat kerja yang sama dengan tugas yang sama, apa yang dirasakan seseorang tidak sama dengan yang dirasakan orang lainnya.

Jika stres terus meningkat, karier yang dijalani bisa terhambat bahkan bisa terancam. Oleh karenanya, banyak orang mencoba berbagai macam cara untuk menanggulangi permasalahan ini. Mulai dari meditasi hingga menjauhkan diri dari media sosial.

Tapi, apakah ada cara sederhana yang dapat langsung Anda coba? Tak perlu khawatir, berikut empat cara sederhana untuk mengurangi stres di tempat kerja, seperti dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker:

1. Banyak bergerak

Bagi kamu yang seharian berada di ruang kerja dan berkutat dengan komputer, coba luangkan waktu untuk beranjak dari bangku. Entah untuk ke toilet atau isi air minum. Hal ini bisa membuat pikiran lebih segar dan tubuh lebih bugar selama bekerja di kantor.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sediakan wewangian aromaterapi

Bagi kamu yang menyukai wewangian, minyak esensial dengan wewangian lembut dan menyegarkan bisa menjadi pilihan. Wewangian tersebut bisa membuat pikiran menjadi rileks.

3. Berinteraksi dengan teman kerja

Buatlah suasana kerja jadi lebih menyenangkan dengan teman-teman sejawat. Kamu bebas berbincang, tapi ingat, jangan sampai mengganggu teman lain yang sedang konsentrasi kerja, ya!

3 dari 3 halaman

4. Istirahat sejenak

Jangan memaksa bekerja jika kepala sudah tidak bisa diajak kompromi. Istirahat sejenak agar pikiran lebih santai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.