Sukses

Bangladesh Jajaki Impor Embrio Sapi dari Indonesia

Sejauh ini embrio sapin di Cipelang sudah menghasilkan pedet unggul yang menarik minat Pemerintah Bangladesh untuk membelinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Bogor terus mendorong kemungkinan dilakukanya ekspor produk embrio ternak untuk menghadapi tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang akan dikenakan pada biaya produksi dan distribusi ke negara lain.

"Setelah semua siap, kita akan mendorong BET untuk segera melakukan ekspor produknya ke mancanegara," ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, Jumat (25/10/2019).

Diarmita mengatakan, sejauh ini embrio Cipelang sudah menghasilkan pedet unggul yang menarik minat Pemerintah Bangladesh untuk membelinya. Ketertarikan mereka terjadi setelah beberapa delegasinya melihat secara langsung Perikanan dan Peternakan Cipelang pada pekan lalu.

"Nanti kita persiapkan secara matang. Yang jelas pasar ekspornya sudah terbuka lebar," katanya.

Sementara Kepala BET Cipelang, Oloan Parlindungan menyampaikan ketertarikan para delegasi Bangladesh ini terlihat dari keinginan mereka untuk mengirimkan pegawai teknisnya ke BET Cipelang agar mempelajari embrio transfer di Indonesia. Salah satu yang diminati adalah terkait pengembangan sapi Belgian Blue.

"Mereka tertarik untuk belajar dan mengembangkan sapi dengan teknologi embrio transfer, dan juga belajar tentang pengelolaan kegiatan Upsus Siwab (upaya khusus sapi indukan wajib bunting)," katanya.

Untuk diketahui, Belgian Blue adalah salah satu sapi unggulan yang dikembangkan BET Cipelang sejak beberapa tahun lalu. Hingga September 2019 ini, terdapat ada 103 kelahiran Belgian Blue dengan kondisi segar dan gemuk.

"Jumlah ini bahkan adalah kedua terbanyak setelah BPTU-HPT Sembawa dengan jumlah kelahiran sebanyak 139 ekor," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inseminasi Buatan

Senior Assistant Chief, l Ministry of Fisheries and Livestock Bangladesh, Pulakesh Mondal, menyampaikan banyak hal penting yang bisa dipelajari lembaga pertanian Bangladesh di BET Cipelang ini. Diantaranya adalah transfer embrio dan Inseminasi Buatan.

"Kami punya banyak Balai Inseminasi Buatan di Bangladesh, tapi belum ada unit yang menangani transfer embrio, dan ini menarik bagi kami," katanya.

Sebagai informasi, Kunjungan delegasi Bangladesh ini merupakan rangkaian Livestock & Dairy Development Project (LDDP) yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas pemerintah Bangladesh dengan bantuan dana Bank Dunia.

Adapun misi besar dari kunjungan ini adalah untuk memahami beberapa praktek pengelolaan persusuan, strategi produksi, sampai pada bagaimana peternak mendapat manfaat dari industri persusuan di lndonesia.

Di lokasi, mereka juga mempelajari bagaimana menciptakan sapi perah yang mempunyai produksi susu tinggi melalui teknologi embrio transfer dan inseminasi buatan.

"Ini adalah kali kedua dalam tahun ini, Kementerian Perikanan dan Peternakan Bangladesh mengirimkan para pejabat dan stafnya untuk belajar ke Indonesia. Ini juga sekaligus menunjukan bahwa sistem pengembangan sapi dan pengelolaan persusuan di Indonesia memiliki kualitas yang baik," tukas Pulakesh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.