Sukses

Mahendra Siregar akan Jadi Wakil Menteri Luar Negeri, Apa Tugasnya?

Hal yang digarisbawahi Jokowi menjadi tugas Mahendra Siregar, antara lain meningkatkan kualitas promosi investasi perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menunjuk Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Dengan tugas terutama mengatasi permasalahan di dunia internasional.

"Saya baru saja menghadap presiden untuk diberikan arahan mengenai hal-hal masalah luar negeri dan global," ujar dia usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019i).

Hal yang digarisbawahi Jokowi menjadi tugas Mahendra, pertama antara lain meningkatkan kualitas promosi investasi perdagangan. Ini mengacu pada kondisi global.

Kemudian, berkoordinasi bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan BKPM. Koordinasi agar bisa bergerak cepat dan tak terjerat dalam birokraai. "Kami bahas 3 hal yang semuanya disetujui presiden," ungkap dia.

Dia mengatakan, dengan kondisi perdagangan global saat ini seperti perang dagang AS dan China dan AS, Jokowi meminta melihat tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia.

Presiden Jokowi meminta dia untuk segera merampungkan proses penyelesaian GSP review dengan AS. Targetnya proses ini harus selesai dalam sebulan.

Dengan demikia bisa meningkatkan nilai peradangan Indonesia menjadi dua kali lipat  kali. di mana ekspor bisa mencapai USD 25 miliar.

Dia juga ditugaskan mengamankan keberlanjutan industri sawit di Indonesia. Selain itu, melihat posisi pasar Indonesia di global.

"Presiden beri saya waktu 1 tahun kalau tidak mencari pengganti," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wempi Wetipo, Perwakilan Papua yang Ditunjuk Jadi Wakil Menteri PUPR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memanggil sejumlah calon wakil menteri ke Istana Kepresidenan, Jumat ini (25//10/2019).

Presiden mewawancara para calon wakil menteri untuk membantu menteri (dan pejabat setingkat menteri) terpilih menjalankan pemerintahan 5 tahun ke depan.

Salah satu calon wakil menteri yang dipanggil ialah Wempi Wetipo. Wempi dipercaya menjadi wakil menteri PUPR, membantu menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Usai ditemui awak media, Wempi mengaku diminta oleh Presiden Jokowi membantu mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah timur Indonesia.

"Saya dipanggil Pak Presiden untuk membantu di bidang infrastruktur, apa yang jadi visi misi dan sudah dilakukan di periode pertama harus dipercepat agar bisa selesai di periode kedua," tutur dia di Jakarta.

Pria bernama lengkap John Wempi Wetipo ini sendiri berasal dari PDI Perjuangan. Dia 

Sebelumnya, Menteri Basuki juga berkata membutuhkan wakil menteri karena sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur di ibu kota baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.