Sukses

5 Tips Berdiskusi Keuangan dengan Orang Terdekat

Pembicaraan tentang uang kerap menimbulkan perasaan cemas, malu, hingga marah.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang kerap enggan untuk mrembicarakan tentang keuangan. Mungkin saja itu berasal dari ketidaknyamanan untuk mengungkapkan. Bahkan pembicaraan tentang uang sering dihindari.

Adapula pembicaraan tentang uang sering menimbulkan perasaan cemas, malu, hingga marah. Sementara pembicaraan tentang uang bisa jadi hal penting untuk masukan dan gambaran masa depan.

Melansir dari Forbes, Sabtu (26/10/2019) berikut lima tips berkomunikasi tentang uang

1. Kenali keuangan terlebih dahulu

Seberapa banyak Anda menabung adalah indikasi penting tentang keuangan. Sebab percakapan tentang keuangan bisa berubah menjadi perdebatan ketika uang menjadi akar masalah.

Kemudian berkomunikasilah dengan menemukan jalan tengah agar tidak menimbulkan permasalahan baru tentang uang. Hal tersebut adalah langkah pertama untuk meningkatkan komunikasi.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Luangkan waktu untuk membicarakan

Luangkan waktu untuk mengungkapkan ketika Anda mulai merasa tertekan dan mengganggu keseharian. Tidak harus selalu membicarakan keuangan dengan pasangan, dengan orang tua pun dimungkinkan.

Namun untuk membicarakannya, carilah waktu yang tepat agar pesan yang disampaikan pun menjadi lebih jelas dan sedikitnya dapat membantu Anda untuk keluar dari permasalahan keuangan.

3. Jangan meremehkan masukan orang lain

Jangan remehkan kehadiran orang di samping Anda yang telah membantu membuat keputusan dalam hal keuangan. Bisa jadi itu pasangan atau teman terdekat. Ingatlah bahwa keputusan orang lain belum tentu buruk, dan keputusan prbadi belum tentu baik.

Perlu untuk menghargai masukan-masukan yang diberikan. Kemudian terbukalah terlebih dahulu tentang keuangan Anda, maka masukan yang diberikan pun akan lebih baik.

3 dari 3 halaman

4. Bagikan dokumen keuangan

Saat Anda berada di situasi mendesak, pastikan orang-orang terdekat Anda seperti anak, pasangan, orang tua, atau kerabat juga memegang surat-surat berharga tentang harta .

Hal tersebut memungkinkan untuk mereka tahu bagaimana situasi keuangan Anda. Tapi pastikan Anda berikan surat tersebut ke orang yang benar-benar dipercaya dapat membantu.

5. Jangan takut

Takut adalah hal yang wajar, bahkan pakar keuangan sekaligus pernah merasakan takut. Tetapi pastikan untuk tidak terlalu larut dalam ketakutan yang akhirnya akan mengganggu Anda dalam pengambilan keputusan.

Jika memungkinkan, Anda bisa saja konsultasi tentang keuangan dengan orang yang lebih profesional.

Penasihat profesional dapat membantu Anda mengatasi masalah kompleks dan memberikan masukan yang selaras dengan keinginan.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.