Sukses

Ekonom: Tak Ada Kementerian yang Butuh Wakil Menteri

Banyaknya wakil mentei yang diusulkan mengundang banyak komentar dari kalangan ekonom.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah merencanakan pengangkatan wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Lalu Kementerian mana yang pantas ada wakil menteri?.

Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, kementerian yang membutuhkan wakil menteri tergantung beban kerja yang harus diselesaikan. Namun, untuk saat ini dia memandang tidak ada kementerian membutuhkan wakil menteri.

"Menurut saya bergantung pada seberapabesar tugas yang diberikan, kalau besar level pengambil keputusan diatas mungkin. Hampir tidak ada satupun yang membutuhkan wakil menteri," kata Faisal, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Faisal melanjutkan, setiap menteri sudah memiliki bawahan struktural yaitu direktur jenderal atau deputi yang menangani masing-masing sektor yang menjadi tanggungjawabnya. Dengan begitu sebaiknya para menteri mengoptimalkan peran bawahan struktural tersebut.

"Lalu bagaimana struktural sekarang masing-masing kementerian ada deputi atau Dirjen apakah tidak mampu?," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertolak Belakang Visi Misi Presiden

Menurutnya, pengangkatan wakil menteri akan bertolak belakang dengan rencana Presiden Jokowi yaitu menyederhanakan jabatan eselon pada instansi pemerintah agar efisien.

"Jangan sampai ada mubazir dengan yang ada. Karena pada saat yang sama presiden ingin menyederhanakan jabatan eselon," tuturnya.

Faisal mengungkapkan, saat ini pemerintah telah membentuk Kementerian Koordintor. Keberadaan instansi ini akan membantu para menteri berkordinasi dengan kementerian lain untuk menjalankan tugasnya. Sedangkan tugas teknis sudah ada pejabat eselon I yang menanganinya.

"Problem sekarang bukan wakil menteri tapi kordinasi dengan kementerian lain, kalau teknis kan sudah cukup ada Dirjennya berdayakan sturuk yang ada," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.