Sukses

Tak Lagi jadi Menteri, Darmin Nasution Ingin Liburan

Darmin Nasution telah menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian kepada Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Darmin Nasution telah menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian kepada Airlangga Hartarto. Dengan penyerahan jabatan tersebut, maka Mantan Direktur Jenderal Pajak itu resmi pensiun dari kursi pemerintahan Jokowi.

Dalam serah terima jabatan dilakukan di Kantor Kemenko Perekonomian, Darmin sempat disinggung mengenai rencananya setelah tak lagi menjadi menteri. Bahkan dia berkelakar akan mengabiskan waktunya untuk banyak hal. Salah satunya yakni menghabiskan waktu untuk berlibur.

 

"Banyak, mau liburan, mau jalan-jalan," jawab Darmin dengan senyumannya, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu, (23/10).

Darmin sendiri diketabui bergabung bersama Pemerintahan Jokowi-JK sejak 2016 lalu. Darmin menggantikan posisi Sofyan Dajalil sebagai Menko Perekonomian. Presiden Joko Widodo kala itu meyakini kapasitas Darmin lebih mumpuni mengurus bidang perekonomian Indonesia yang sedang terpuruk saat itu.

Kini, Airlangga Hartarto resmi ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, menggantikan Darmin Nasution. Sebelumnya, Airlangga menjabat sebagai Menteri Perindustrian di periode pertama Jokowi sejak 2016.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Darmin Nasution di Mata Menteri Kabinet Jokowi

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar acara Ngobrol Pinter Tentang Ekonomi (Ngopi Teko) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (18/10). Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain itu juga ada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Manteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menkominfo Rudiantara. Dalam acara tersebut, satu per satu menteri memberikan kesan selama dipimpin oleh Menko Darmin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Menko Darmin merupakan orang baik dan humble. Dia menyebut, menteri yang sering dipanggil opung itu akan sangat dirindukan jika sudah tidak menjadi menteri.

"Opung itu dengan saya panjang sekali perjalanan, habis magrib pun tidak selesai cerita. Tapi Pak Darmin itu seorang yang sangat humble, baik hati. Dalam pikiran, hati, badannya, tidak ada yang jahat ataupun jelek sehingga banyak yang akan Miss Pak Darmin," ujarnya.

Senada dengan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut Menko Darmin seperti ayah baginya. Sebab, Menko Darmin merupakan sahabat Ayahnya. Banyak kebijakan yang berhasil dibuat saat menjadi menteri.

"Ini sentimennya kan bicara Pak Darmin. Kalau Pak Darmin, itu kebetulan Pak Darmin beliau sama ayah saya. Jadi saya anggap beliau bagian dari ayah saya. Jadi saya takut kualat. Kalau ada isu sensitif saya cari Pak Darmin ke ruangannya dulu, jadi pas rapat sudah ada jalannya," jelasnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga memiliki kesan yang sama. Walau sering bolos rapat dengan Menko Darmin, namun ia mengaku sangat menghormati dan mencintai Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut. "Konklusinya cuma satu, i love you opung," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.