Tiba di Kementerian BUMN, Erick Thohir Disambut Palang Pintu

Oleh Liputan6.com pada 23 Okt 2019, 16:53 WIB
Diperbarui 23 Okt 2019, 17:17 WIB
Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi Kementerian BUMN. Kedatangan ini merupakan yang perdana setelah dia dilantik pagi tadi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri BUMN.

Sekitar pukul 15.00 WIB, Erick tiba di Kementerian BUMN. Pantauan Merdeka.com, mantan Presiden Inter Milan itu tampak didampingi istri, Elisabeth Tjandra.

Keluarga besar Kementerian BUMN melakukan prosesi khusus untuk menyambut Erick Thohir. Ritual tersebut yakni 'prosesi palang pintu' khas masyarakat Betawi.

Kalimat pantun yang dilontarkan sepanjang prosesi berisi nama-nama BUMN. Secara lugas, pantun kurang lebih berisikan ikrar membuat BUMN berkinerja lebih baik.

"Jamkrindo di Sulawesi. Kita udah janji sama Pak Jokowi," ucap salah seorang perwakilan.

Pantun tersebut kemudian dibalas, "Ke pelabuhan naik bus DAMRI. Percuma kalau elu (kamu) sembarang janji."

Pantun kembali dibalas, semacam hendak memberi penegasan. "Pelni punya Ferri. PT Pindad punya senjata api. Janji ini pasti ditepati. BUMN nggak bakal rugi."

Setelah prosesi palang pintu, acara dilanjutkan dengan pengalungan sarung. Kemudian Erick memasuki gedung Kementerian BUMN.

"Selamat datang kepada Bapak Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara periode 2019-2024 beserta ibu di Kementerian BUMN," kata MC.

Ketika memasuki tempat acara di Kementerian BUMN, Erick yang mengenakan baju batik lengan panjang warna hijau langsung menyalami satu persatu, mantan menteri BUMN, pejabat Kementerian, jajaran Dirut serta peserta acara.

Di tempat acara, tampak tiga Mantan Menteri BUMN, yakni Rini Soemarno, Mustafa Abubakar, dan Sugiharto. Selain itu, tampak pula Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani dan Presiden Direktur PT Bakrie Brothers Tbk Anindya Bakrie.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Erick Thohir Pastikan Berhenti dari Perusahaannya Setelah Dipanggil Jokowi

Hari Jadi Satria Muda
Pemilik Satria Muda, Erick Thohir, memberikan sambutan saat peluncuran film 25 tahun Satria Muda di XXI Epicentrum, Jakarta, Kamis (15/11). Peluncuran ini dalam rangka peringatan hari jadi SM yang ke-25 tahun. (Bola.com/Yoppy Renato)

Erick Thohir, mengaku akan berhenti dari jabatannya di beberapa perusahaan miliknya setelah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai menteri.

"Ya sudah pasti (berhenti) tidak boleh conflict of interest, jadi harus berhenti total," kata Erick di Istana, Senin (21/10/2019).

Menurut Erick Thohir hal ini sangat berat baginya. Sebab, sejak menjadi Ketua Panitia Asian Games 2018 dirinya sudah tak aktif di perusahaannya.

"Saat Asian Games saya sudah berhenti total selama 2 tahun 6 bulan, lalu ada kerjaan lain lagi. Sudah hampir 3 tahun lebih, baru 2-3 bulan kembali normal, ya itu rahasia Allah lah" kata Erick.

Ada pun Erick Thohir saat ini menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Mahaka Media Tbk dan PT Mahaka Radio Integra Tbk.

Erick mengatakan, jabatan yang akan dia emban ini merupakan amanah yang cukup berat.

"Kalau saya melihat ini jabatan bukan euforia, tapi amanah yang menurut saya sangat berat untuk dijalankan," kata dia.

Apalagi, kata Erick, dalam pidatonya Jokowi akan mencopot menteri-menterinya yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

"Apalagi beliau tidak sungkan-sungkan, semua calon menteri harus tandatangan pakta integritas," kata Erick. 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓