Sukses

Profil Wishnutama, Menteri Pariwisata Kabinet Indonesia Maju

Pengusaha kelahiran Jayapura, 4 Mei 1976 ini mengenyam bangku pendidikan di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan International School of Singapore.

Liputan6.com, Jakarta - Wishnutama, yang dikenal berkat tangan dinginnya memimpin NET TV, menyambangi Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Wishnutama sebelumnya tidak punya pengalaman apa pun di dunia politik dan pemerintahan, tapi diduga kuat akan menjadi menteri di Kabinet Jokowi jilid II.

Pengusaha kelahiran 4 Mei 1976 di Kota Jayapura, Papua, ini mengenyam bangku pendidikan di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan International School of Singapore.

Tak cukup, dirinya kemudian melanjutkan perkuliahannya di Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat. Kemudian, Wishnutama fokus belajar tentang ilmu komunikasi dan pertelevisian dengan berkuliah di Emerson College, Boston.

Kariernya di dunia media dan broadcasting dimulai sebagai Production Assistant di New England Cable News AS dan menjadi Assistant Director on Air Promotion di WHDH-TV, Boston, AS.

Kemudian dia pulang pada tahun 1994 dan bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun kemudian, dia pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant.

Karena kecakapannya, dirinya diangkat menjadi Executive Producer News dan Production Division. Tak lama kemudian, menteri Jokowi ini langsung menjadi Production Manager. Programnya yang sukses antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli dan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pindah ke Trans TV

Pada tahun 2001, dirinya pindah ke Trans TV sebagai Kepala Divisi Produksi. Dia menjadi Direktur Operasional dua tahun kemudian, dan menjadi Wakil Dirut (Managing Director) setahun berikutnya.

Dia juga ditunjuk menjadi Dirut TV7 yang kemudian berubah nama jadi Trans 7. Dua tahun kemudian, dia ditunjuk lagi menjadi Dirut Trans TV.

Wishnutama, dengan segala pengalamannya, mencoba peruntungan dengan mendirikan stasiun televisi News and Entertainment Television (NET TV). Meski diwarnai kontroversi, stasiun televisi tersebut masih beroperasi seperti biasa.

Tak lupa, pada 2018, Wishnutama berkontribusi menyukseskan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dengan menjadi salah satu kreatornya. Hal ini membuat namanya semakin diperbincangkan.

Kini, Wishnutama didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Jokowi jilid II. Dia mengaku akan bekerja untuk negara dengan baik.

"Meskipun tidak bercita-cita jadi menteri, tapi demi kebaikan bangsa, saya bersedia (menjadi menteri)," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.