Sukses

Profil Syahrul Yasin Limpo, Mantan Gubernur ke Kursi Menteri Pertanian

Dia merupakan politikus yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sejak tanggal 8 April 2008 hingga 8 April 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Lantas siapakan dia?.

Politikus ini merupakan kelahiran Makassar, 16 Maret 1955. Dia pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sejak tanggal 8 April 2008 hingga 8 April 2018.

Sebelum sesukses sekarang, Syahrul pernah bersekolah di Universitas Hasanuddin tahun 1983 dengan mengambil jurusan Hukum.

Kemudian, melanjutkan pendidikan pasca sarjana LAN tahun 1999, pasca sarjana di Universitas Hasanuddin tahun 2004 dan program doktoral di kampus yang sama tahun 2008.

Syahrul adalah mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Syahrul pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Gowa selama dua periode.

Kemudian menjabat Wakil Gubernur selama satu periode mendampingi Amin Syam, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan dengan Amin Syam dalam pilkada Sulsel pada tahun 2007 setelah keduanya sama-sama maju bertarung sebagai calon petahana.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Partai Politik

Sementara, dirinya juga pernah menjadi Ketua DPD I Parta Golkar Sulsel, tahun 2009 hingga 2018 dan menjadi Ketua DPP Partai NasDem, tahun 2018 hingga sekarang.

Keluarga Yasin Limpo sendiri dikenal berjaya sejak tahun 1945. Ketika itu, Kolonel Muhammad Yasin Limpo (ayah Syahrul) menjadi salah satu bagian dari Angkatan 45 dan pendiri Golkar Sulsel, membuatnya jadi tokoh paling dihormati di Gowa.

Istrinya, Nurhayati, juga pernah menjadi anggota DPR. Syahrul dan kakaknya, Ichsan Yasin Limpo, sama-sama pernah menjadi Bupati Gowa. Kini setelah Ichsan tiada, anaknya, Adnan Purichta Ichsan, yang menduduki jabatan Bupati Gowa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini