Sukses

Menteri Jokowi Ramai-Ramai Hadiri Pelantikan Presiden

Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memilih irit bicara ketika tiba di Gedung Nusantara untuk pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia hanya berharap prosesi lancar.

"Jadi harapannya lancar pelantikannya," singkat Airlannga pada Minggu (20/10/2019) di Gedung Nusantara III, DPR, Jakarta Pusat.

Beberapa menteri ekonomi di Kabinet Kerja Jokowi juga tercatat sudah duduk di Ruang Sidang Paripurna.

Berdasarkan pantauan sekitar jam setengah dua siang, tercatat ada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang berdasi biru dan duduk di sebelah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tak jauh di kanan Tjahjo ada Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro.

 

Di barisan depan mereka ada Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin. Tjahjo dan Bambang kompak memakai dasi merah.

Duduk di satu barisan dengan Menteri Syafruddin, ada Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang juga baru menjabat sebagai Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga.

Figur penting lain pun terpantau berseliweran di Gedung Nusantara III. Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sempat berjalan keluar gedung menjelang pukul 14.00.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Kepala Negara Temui Jokowi Sebelum Pelantikan Presiden

 Joko Widodo atau Jokowi akan kembali dilantik sebagai Presiden bersama Ma'ruf Amin yang terpilih menjadi Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019). Jelang pelantikan di Gedung MPR, Jokowi menerima kunjungan lima kepala negara di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jakarta.

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menjadi tamu negara pertama yang diterima oleh Jokowi. Dia bersama rombongan tiba di Istana pada pukul 09.00 WIB. Jokowi tampak menyambut Sultan Hassanal Bolkiah di Halaman Istana Negara.

Tak selang beberapa lama, pada pukul 09.20 WIB, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menerima Perdana Menteri Australia Scott Morrison. PM Scott membawa istrinya, Jenny Morisson.

Setelah itu, Jokowi dan Iriana menyambut Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang datang bersama sang istri, Ho Ching. PM Lee dan istrinya kemudian mengisi buku tamu.

Kemudian, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen bertemu dengan Jokowi yang berlangsung sekitar 20 menit. Lalu, Raja Eswatini, Mswati III beserta istrinya, Siphelele Mashwama menjadi kepala negara kelima yang bertemu Jokowi.

Jokowi menyambut kedatangan Mswati III pukul 10.20 WIB. Mantan Wali Kota Solo ini didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak satu per satu para tamu negara berbincang di Ruang Jepara Istana Merdeka. Mereka tampak akrab berbincang hingga tertawa bersama.

Saat menerima tamu negara, Jokowi ditemani Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.