Jurus Shopee Perluas Pangsa Pasar di Indonesia

Oleh Fadjriah Nurdiarsih pada 18 Okt 2019, 17:45 WIB
Kantor Shopee di Singapura. Liputan6.com/Fadjriah

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada peluang serta celah besar untuk dihadapi dalam bisnis e-commerce di Asia. Hal itu ditegaskan Chris Feng, Chief Executive Office Shopee, dalam kunjungan kantor pusat Shopee di Singapura, Kamis (17/10).

Chris menyebut Shopee berkomitmen mencoba untuk memenuhi kebutuhan semua orang agar dapat berbelanja dengan mudah.

"Kami juga akan mencoba mengidentifikasi pendekatan yang paling cocok karena masing-masing negara berbeda caranya," ujar Chris dalam sesi wawancara khusus dengan jurnalis dari Indonesia di kantornya.

Chris mengatakan pihaknya kini berusaha menggaet pembeli loyal dengan menciptakan keterikatan melalui pengalaman belanja online yang menarik. Termasuk di antaranya melalui Shopee Feed dan Shope Game.

Shopee percaya diri dapat memimpin pasar di Indonesia. Salah satunya dengan membuat platform lebih menarik dan lebih mudah bagi pembeli dan penjual.

"Sangat penting bagi kami untuk membuat pembeli kami berbelanja dengan lebih bahagia, lebih mudah dan menikmati lebih banyak waktu dengan teman-teman mereka, sementara penjual dapat menjual dengan lebih efisien dan efektif," ucap Chris.

Di luar dugaan, Chris menyatakan pepatah Indonesia yang paling diingatnya adalah "ada gula ada semut". Melalui semangat bahwa ketika Anda berbuat baik, maka orang-orang baik akan datang, Chris ingin membangun fitur-fitur baru yang memungkinkan pembeli menemukan hal-hal yang mereka sukai lebih cepat, menikmati prosesnya, dan juga membantu penjual menjual lebih banyak barang lebih mudah dan lebih cepat.

Ia menyebutkan ada beberapa fitur yang tidak dapat Anda lihat, kecuali Anda adalah penjualnya. Dengan cara demikian, Chris berharap Shopee dapat terus tumbuh di tahun-tahun mendatang.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Efek Ronaldo

[Fimela] Shopee Christiano Ronaldo
Christiano Ronaldo bersama Chief Executive Officer Shopee, Chris Feng | Shopee Indonesia

Chris memaparkan Cristiano Ronaldo sebagai duta merek Shopee memiliki dampak yang sangat positif saat festival belanja 9.9 Big Sale.

Ia mengatakan TVC Ronaldo sebagai brand ambassador Shopee ditonton 35 juta orang penonton online serta dibarengi iklan televisi.

Selain itu, pemesanan naik tiga kali lipat dibanding festival belanja 9.9 tahun lalu. Shopee 9.9 Super Shopping memberikan 113 juta penawaran diskon pembelian dan menjual 187.606 produk dalam 1 menit.

"Saya pikir kami sangat senang memiliki Ronaldo sebagai brand ambassador kami, dengan cara ia mewakili banyak hal yang juga dimiliki Shopee. Kami mulai bisnis kami dari platform kecil, mirip dengan dia yang juga memiliki latar belakang yang sederhana dan menjadi yang terbaik di bidangnya. Jadi kami bercita-cita untuk menjadi yang terbaik di bidangnya juga," ucap Chris.

Chris menyadari bahwa karakteristik Ronaldo mirip dengan karakteristik para pengguna Shopee, yakni para kaum muda yang berharap membuat masa depan mereka sendiri, melalui kerja keras.

"Ronaldo mencerminkan sosok yang sangat bercita-cita tinggi dan menginspirasi, tidak hanya untuk platform kami, tetapi juga untuk pengguna kami, terutama orang-orang muda yang juga merupakan bagian dari platform Shopee," katanya.

Meski berhasil menggaet pesepak bola top sebagai duta merek, Chris menyebut Shopee belum tertarik melakukan ekspansi layanan lebih jauh karena masih berfokus pada pasar inti di Asia Tenggara dan Taiwan.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by