Sukses

Telkomtelstra Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Liputan6.com, Jakarta - Telkomtelstra menggelar roadshow recruitment di beberapa kampus di Indonesia, yang ditujukan guna membuka kesempatan pada tiap gender untuk ikut berperan aktif unjuk kemampuan. Para talenta-talenta muda nantinya diharapkan dapat berkembang dengan skill dan pengetahuannya. 

Telkomtelstra Apprenticeship and Graduate Development Program (GDP) 2019 adalah program pertama Telkomtelstra dalam melakukan roadshow recruitment yang berlangsung pada tanggal 3-17 Oktober 2019, dengan diawali oleh kunjungan ke Universitas Indonesia. Adapun ketiga kampus lainnya yang dikunjungi adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Bina Nusantara (Binus), dan Telkom University.

Telkomtelstra juga bekerjasama dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), koalisi dari sejumlah perusahaan yang berkomitmen untuk mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan dan kesetaraan gender.

Sebagai bagian dari IBCWE, Telkomelstra membawa misi untuk mendorong kesetaraan gender, menyampaikan pentingnya bisnis proses untuk mempromosikan kesetaraan dan mengembangkan kebijakan terkait pemberdayaan ekonomi perempuan di dalam roadshow recruitment yang dilakukan.

Chief Financial Officer Telkomtelstra Ernest Hutagalung mengungkapkan bahwa Telkomtelstra memberikan kesempatan yang setara bagi talenta-talenta muda di bidang teknologi informasi tanpa mempertimbangkan gender mereka.

"Jadi kami percaya bahwa kesempatan itu sama, untuk perempuan maupun laki-laki. Kami berusaha mendapatkan talenta yang berimbang. Namun, bukan berarti kami memberi kemudahan dan merendahkan kriteria bagi para pelamar perempuan, melainkan kami memberikan kesempatan yang setara baik bagi talenta laki-laki maupun perempuan," jelasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usung Kesetaraan Gender

Sementara itu, Vice President of Human Resources (HR) Telkomtelstra Nieke L. Garnia menambahkan, tidak ada spesifik prioritas bagi para kandidat, kesempatan yang diberikanpun berimbang untuk semua gender. Menurutnya, masih cukup banyak terjadi kesenjangan leadership dan jumlah tenaga kerja, terutama di bagian technical.

"Memang di dunia information technology (IT), kami sedikit sulit mencari kandidat perempuan, sehingga nantinya kami juga akan mengadakan diskusi untuk mendorong kandidat perempuan untuk bergabung," kata Nieke.

Nieke mengatakan jika program ini berjalan cukup baik dan menunjang plan strategi HR perusahaan dengan harapan mendapatkan talent dengan jumlah yang lebih besar dan lebih bagus, kemungkinan program ini akan diadakan kembali pada tahun depan.

Seperti diketahui, Telkomtelstra adalah perusahaan patungan yang didukung oleh dua organisasi besar yang sukses, yaitu Telkom Indonesia dan Telstra Australia, dikenal sebagai penyedia layananan end-to-end managed solutions untuk memberdayakan bisnis perusahan-perusahaan di Indonesia.

Telkomtelstra juga telah menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) Indonesia Global Delivery Center (IGDC) yang merupakan bentuk inisiatif untuk mendorong penetrasi bisnis memenuhi kebutuhan layanan IT service di pasar global melalui pengembangan tenaga kerja sektor teknologi informasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.