Hipmi Jaya Dukung Produk Unggulan Lokal Tembus Pasar Dunia

Oleh Liputan6.com pada 17 Okt 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 17 Okt 2019, 09:00 WIB
Hipmi Jaya
Perbesar
Hipmi Jaya. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran pameran Trade Expo Indonesia (TEI) menjadi acara yang ditunggu kalangan bisnis di negeri ini. Pasalnya kegiatan perdagangan internasional tersebut menjadi ajang business to business terbesar di Indonesia yang didukung oleh pemerintah dan swasta.

Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Selatan, Sona Maesana mengatakan, ada beberapa alasan kenapa Hipmi Jaya, ikut TEI dan yang paling penting adalah memperkenalkan produk unggulan karya anak bangsa kemancanegara.

"Kita ingin memfasilitasi bisnis teman teman Hipmi Jaya yang punya potensi untuk merambah pasar ekspor, dan yang kedua, dengan ikut TEI, kita bisa tampilkan beberapa produk unggulan anggota hipmi jaya yang melewati proses kurasi terlebih dahulu kepada para buyer internasional," kata Sona di sela acara pembukaan TEI 2019 di Serpong seperti ditulis Kamis (17/11/2019).

Lebih lanjut Sona mengatakan melihat bahwa kewirausahaan sekarang berkembang dengan sangat pesat dan perlunya adanya fasilitas untuk memamerkan produk unggulan mereka.

"Untuk pameran tahun ini, ada 11 produk unggulan dari teman Hipmi Jaya, seperti the sandals (sepatu sandal wanita), Cozmeed (Fashion Retail), Guteninc (Ritel Fashion), Cocarbo (Shisha charcoal), Cigin Art (usaha bidang industri kreatif), Wildan Paint (Industrial paint & chemical), Ardena Food (Frozen Food), emaklon (Manufacturer Cosmetics), Sunindo (Pabrik boneka), Platinum Distribution (Rokok elektrik)," jelasnya.

Produk-produk tersebut, menurut Sona, merupakan produk dengan kualitas yang bagus. "Makanya, wajar kalau sudah banyak yang di ekspor ke pasar luar negeri seperti Asia, Afrika dan Timur Tengah," tambahnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Pengembangan Produk Unggulan

20161013-TRADE-EXPO-INDONESIA-2016-Jakarta-FF2
Perbesar
Aneka furniture dan mebel di pamerkan dalam Trade Expo Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/10). TEI 2016 menjadi media bagi pengusaha dalam dan luar negeri untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Ketua Umum Hipmi Jaya, Afifuddin Kalla menerangkan, Hipmi Jaya dengan anggota lebih dari 3.000 anggota akan melakukan sinergi dengan stake holder lainnya baik pemerintah ataupun swasta dalam mengembangkan perekonomian Indonesia.

"Hubungan baik yang sudah terjalin selama ini dengan Pemprov DKI, dalam hal ini Dinas Koperasi, UMKM serta Perdagangan. Kemudian, Kementerian Perdagangan juga sangat membantu kami dalam mengembangkan produk-produk unggulan dari anggota," jelasnya.

Untuk ke depan, Afifuddin mengatakan, pihaknya berharap kerjasama ini bisa lebih ditingkatkan. "Alasannya, kita yakin produk dari anggota Hipmi Jaya merupakan produk unggulan bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri," pungkas Afifuddin.

Sekedar informasi, TEI 2019 mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, TEI 2019 menjadi peluang bagi pebisnis yang ingin mencari pasar potensial bagi ekspor nasional dan investor asing yang berminat mengembangkan usahanya di Indonesia.

TEI 2019 akan menampilkan produk dan jasa Indonesia pada zona produk potensial dan unggulan nasional, antara lain produk kuliner nusantara, produk lokal unggulan, produk premium dan kreatif, jasa dan produk manufaktur, makanan dan minuman, serta furnitur dan produk dekorasi rumah.

Dalam gelaran ke-34 ini, Pemerintah memfasilitasi para eksportir untuk memamerkan produknya di 1.250 stand. Pada TEI 2018 lalu, telah membukukan transaksi sebesar USD 8,49 miliar atau sekitar Rp 126 triliun, lebih dari 5 kali lipat dari target yang senilai USD 1,5 miliar.

Tingginya transaksi tahun lalu disebabkan karena adanya investasi sebesar USD 5,5 miliar yang masuk dari ajang pameran. TEI 2018 juga mencatatkan jumlah pengunjung pameran sebanyak 33.333 orang dari 132 negara.

   

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓