Sukses

Upaya BTN Percepat Penyelesaian Dokumentasi Kredit

BTN meluncurkan aplikasi dalam mempercepat penyelesaian dokumentasi kredit

 

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meningkatkan kualitas kredit dan layanan kepada debitur, khususnya debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meluncurkan aplikasi berbasis website 'e-Mitra Operation' yang dapat diakses melalui situs https://emitra.btn.co.id.

Aplikasi tersebut merupakan wujud komitmen BTN dalam melakukan percepatan penyelesaian dokumentasi kredit. Web e-Mitra berfungsi sebagai tools penunjang kerja sama dengan mitra, mulai dari pengajuan permohonan, monitoring hingga evaluasi atas kinerjanya.

Adapun salah satu mitra BTN dalam hal ini adalah para Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

“Dengan adanya website, akan memudahkan koordinasi dengan rekanan Notaris/PPAT dalam hal pemenuhan komitmen oleh Notaris/PPAT guna menyelesaikan dokumentasi kredit/pembiayaan para debitur BTN sekaligus memberikan standarisasi sistem serta bentuk transparansi proses, prosedur, tugas dan wewenang maupun peran masing-masing dalam setiap proses kesepakatan perjanjian”, kata Plt Direktur Utama BTN, Oni Febriarto Rahardjo dalam keterangannya, Rabu (16/10/2019).

Oni juga berharap, setelah implementasi e-Mitra Operation pelaksanaan kerja sama dengan Rekanan perkreditan/pembiayaan BTN khususnya Notaris/PPAT akan semakin baik, distribusi pekerjaan akan merata dan penyelesaian komitmen Notaris/PPAT akan termonitor dengan tertib.

Dengan begitu Notaris/PPAT Rekanan dapat lebih fokus dalam menyelesaikan dokumen yang menjadi tanggung jawabnya dan komitmen BTN dalam memberikan layanan prima pada debitur bisa tercapai.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Digitalisasi

Sementara itu, Direktur IT & Operation BTN, Andi Nirwoto menambahkan, website tersebut merupakan salah satu bentuk digitalisasi dan transformasi dalam sistem perbankan di BTN untuk menunjang bisnis utamanya.

“Nantinya web e-Mitra Operation diperuntukkan bagi rekanan penunjang perkreditan/pembiayaan seperti halnya Notaris/PPAT, KJPP, KAP, Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang, namun untuk saat ini web tersebut baru mengakomodir kerja sama dengan Notaris/PPAT,” kata Andi.

Setelah diluncurkan, BTN akan melakukan sosialisasi penggunaan web e-Mitra Operation dengan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Ikatan Notaris Indonesia agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.