Tokopedia Targetkan Total Transaksi Rp 222 Triliun di Tahun Ini

Oleh Bawono Yadika pada 10 Okt 2019, 19:20 WIB
Tokopedia Berdampak Positif Kepada Perekonomian Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan e-commerce Tokopedia menargetkan bisa meraih total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar Rp 222 triliun pada tahun ini. Target tersebut naik 204,10 persen dibandingkan raihan total transaksi pada 2018 sebesar Rp 73 triliun.

“Saat ini nilai transaksi kami per bulannya mencapai Rp 14 triliun,” ujar CEO Tokopedia, William Tanuwijaya di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

William menjelaskan, jika target transaksi sebesar Rp 222 triliun terwujud, maka nilai tersebut sama dengan 1,5 persen dari perekonomian Indonesia.

“Untuk dampak langsung terhadap perekonomian Indonesia di 2018, Tokopedia telah berkontribusi sebesar Rp 58 triliun. Angka itu diprediksi akan meningkat menjadi Rp 170 triliun di 2019 menurut riset LPEM FEB UI,” kata William.

Dia menambahkan, kontribusi ekonomi langsung dari Tokopedia ini tidak hanya terjadi di Pulau Jawa. Kontribusi ini ikut menggerakkan ekonomi di Sulawesi Utara Rp 160 miliar, Aceh Rp 262 miliar, Kalimantan Timur Rp 933 miliar, Sumatera Utara Rp 2,79 triliun dan Bali Rp 822 miliar.

“Hasil riset LPEM FEB UI juga menemukan bahwa Tokopedia juga turut menambah total pendapatan rumah tangga sebesar Rp 19,02 triliun yang setara dengan peningkatan pendapatan sebesar Rp 441.000 untuk setiap angkatan kerja di Indonesia,” pungkasnya.

2 of 2

Tokopedia Gandeng BTS Jadi Brand Ambassador untuk Kampanye Terbaru

Tokopedia x BTS
Tokopedia x BTS (dok. Istimewa)

Tokopedia hadir dengan kabar gembira. Perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem ini menggandeng boyband k-pop ternama, BTS sebagai Brand Ambassador.

BTS merupakan boyband yang telah meraih kesuksesan, baik di Korea Selatan maupun kancah internasional. Boyband yang bernaung di Big Hit Entertainment tersebut terdiri atas tujuh personel yakni RM, Suga, J-Hope, Jin, Jimin, V, dan Jungkook.

Sedikit bernostalgia, boyband pelantun Boy With Luv tersebut awalnya didirikan pada 2013 lalu. Karya yang meledak di pasaran, pertumbuhan, hingga pencapaian luar biasa sukses membuat BTS memecahkan deretan rekor dalam beberapa tahun.

Hal itulah yang membuat BTS ditetapkan sebagai persona brand Tokopedia. Ada pun kolaborasi antara Tokopedia x BTS, masyarakat dan para penggemar atau yang akrab disapa Army, diharapkan dapat kian dekat dengan sosok idola mereka.

Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyampaikan perjalanan, visi, dan pesan-pesan yang secara konsisten BTS sampaikan, selaras dengan visi Tokopedia.

"BTS merupakan grup yang mampu mengubah industri musik, walaupun telah menghadapi berbagai keterbatasan dan tantangan selama perjalanan mereka. Kami sangat mengapresiasi komitmen kuat mereka dalam melakukan inovasi serta menyebarkan pesan positif, sehingga BTS adalah mitra yang tepat untuk menyampaikan pesan Tokopedia kepada seluruh dunia," kata William dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.comSelasa, 8 Oktober 2019.

Label yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment dalam acara Corporate Briefing belum lama ini menyampaikan visi perusahaan di masa depan. Tak hanya itu, hal tersebut tujuannya untuk menjadi pemimpin inovasi industri musik.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by