Waduk Cirata, Bendungan Terbesar se-Asia Tenggara

Oleh Liputan6.com pada 10 Okt 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 10 Okt 2019, 19:17 WIB
Waduk Cirata, Bendungan Terbesar se-Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki bendungan terbesar di Asia Tenggara, yaitu Waduk Cirata dengan luas sekitar 43 ribu hektare. Dengan kapasitas listrik mencapai seribu megawatt, waduk yang dibangun pada 1984 ini tetap sejuk dan menenangkan. Itu karena waduk itu dikelilingi hutan dan perbukitan. 

Saking luasnya, Waduk Cirata ini terletak diantara tiga kabupaten, yaitu Bandung, Purwakarta, dan Cianjur. Meski terletak di tiga kabupaten, namun Waduk Cirata menjadi tempat wisata identic. Kini dikenal dengan nama Kabupaten Purwakarta. 

Jika Anda mencari tempat atau pemandangan nan asri, bisa datang ke tempat ini. Bahkan, di akhir pekan pun waduk ini tidak terlalu ramai. Sungguh cocok untuk Sahabat Purwakarta yang hendak mencari ketenangan.

Oh ya, jika Anda gemar memancing, Waduk Cirata terkenal dengan ikan-ikan super besarnya. Namun, jika hanya sekadar ingin menyantap hidangan ikan, jangan khawatir, tempat ini menyediakan wisata kuliner dengan menu ikan bakar, nasi liwet dan sate Maranggi yang tentunya dapat membuat lidah bergoyang. 

 

(*)