Sukses

Kendalikan Produk Impor, Pemerintah Dorong Pemanfaatan PLB E-Commerce

Pemerintah mendorong pengusaha importir dan eksportir memanfaatkan Pusat Logistik Berikat (PLB e-commerce).

Liputan6.com, Jakarta - Untuk dapat mengendalikan maraknya peredaran produk-produk impor yang membanjiri Indonesia, pemerintah mendorong pengusaha importir dan eksportir memanfaatkan Pusat Logistik Berikat (PLB E-Commerce).

Saat berbicara dalam talkshow From Local Go Global, Menteri Perdagangan Engggartiasto Lukita menyatakan selama ini produk yang dijual oleh pengusaha yang bergerak di bidang perdagangan online (daring) adalah produk-produk asing.

“Untuk dapat mengendalikan peredaran produk-produk tersebut yang kebanyakan adalah produk impor, kami mendorong supaya produk yang sudah ber-SNI wajib agar memenuhi ketentuan tersebut, termasuk juga dilakukan kontrol terhadap aspek kesehatan dan pengendalian produk yang ada di bawah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)," jelas Enggar di Jakarta, seperti ditulis Rabu (9/10/2019).

Oleh sebab itu, pemerintah ingin mendorong agar para pengusaha, khususnya perusahaan yang berskala kecil dan menengah, dan mereka yang sistem perdagangannya dilakukan secara e-commerce, dapat memanfaatkan platform PLB e-commerce.

"Kami inginnya kehadiran PLB e-commerce di Indonesia dimanfaatkan oleh para eksportir dan importir, sehingga nantinya kami juga akan mengadakan audit untuk bisa tahu, berapa kapasitas industri perusahaan. Untuk itu kami akan bekerja sama dengan sejumlah kementerian terkait, termasuk Bea dan Cukai, agar volume impor sesuai yang dibutuhkan," kata dia.

"Dengan demikian, volume impornya akan dikontrol, untuk menghindari terjadinya manipulasi data impor, dan juga kode HS (Harmonized System atau HS). PLB e-commerce juga akan lebih banyak dioptimalkan untuk usaha kecil mikro dan menengah, melalui pemanfaatan gudang berikat, termasuk pengurusan prosedur ekspor dan impornya secara e-commerce," lanjut Enggar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemudahan Ekspor Melalui PLB e-commerce

Presiden Direktur PT Uniair Indotama Cargo (UIC) Lisa Juliawati mengatakan, ada alternatif yang ditawarkan kepada para eksportir dan importir IKM – UKM, terutama dalam pemanfaatan bahan baku, ekspor dan impor melalui kawasan berikat, yang semuanya dilakukan dengan platform e-commerce secara lebih mudah.

“Saya ingin IKM dan UKM Indonesia bisa lebih maju dan menjadi pemain kelas dunia, seperti yang dilakukan Jack Ma lewat Alibaba.com. Dengan mengandalkan pengalaman kami yang yang sejak sekitar 30 tahun ini bergerak sebagai perusahaan “one stop logistic services,” sejak awal bulan Agustus yang lalu, kami sudah mulai soft launching PLB e-commerce di Indonesia.

Uniair Cargo Store2go sudah mendapatkan izin sebagai perusahaan pertama PLB e-commerce di Indonesia. Para IKM dan UKM di Indonesia dapat memanfaatkan keberadaan PLB e-commerce dengan menjadikan Indonesia sebagai hub, termasuk bagaimana meng-handle cross border e-commerce, sehingga Indonesia bisa menjadi hub dalam perdagangan internasional.

Bulan September dan Oktober ini adalah masa integrasi sistem di dalam PLB e-commerce, sehingga dua bulan ini dimanfaatkan sebagai masa sosialisasi bagi para eksportir, importir, dan para pelaku e-commerce, agar memperoleh pengetahuan dan cukup informasi perihal PLB e-commerce. Misalnya dengan PLB e-commerce yang ada Indonesia, karena selama ini baru ada di Singapura, sehingga di Indonesia juga akan terjadi penambahan tenaga kerja di gudang-gudang berikat lokasi PLB e-commerce. 

Hal senada juga diamini oleh Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai DKI Jakarta Decy Arifinsjah. Dia mengatakan, PLB e-commerce bisa membantu pengusaha Indonesia untuk go to the world.

“Barang-barang para IKM/IKM akan lebih banyak dikenal di pasar internasional. Karena itu kami mengharapkan branding dari e-commerce ini menjadi lebih luas lagi.

Peran PLB e-commerce sebagai mitra pemerintah, adalah juga industri yang berbasis kepada teknologi. Dengan reputasi perusahaan yang sangat mapan, semua informasi yang keluar maupun yang masuk ke PLB e-commerce juga transparan. Sehingga dari sisi penerimaan bea cukai dapat dihitung dengan benar, informasinya traceable, sehingga secara finansial juga dapat diperhitungkan,” tukasnya.

 

3 dari 3 halaman

Selera Pasar dan E-Commerce

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno dalam kesempatan talkshow mengemukakan juga, perlunya para eksportir yang ingin menembus pasar ekspor mengetahui dengan pasti keinginan (selera) pasar, untuk produk ekspor yang akan masuk ke negara tersebut.

“Selain harus tahu pasar itu maunya apa, ada hal lain yang harus dikuasai antara lain produk Indonesia itu harus menggunakan bahan baku dari dalam negeri, supaya dalam siklus produksinya, dapat diukur berapa kebutuhan bahan bakunya. Hal lainnya adalah dapat mengubah comparative advantage menjadi competitive advantage, sehingga produk tersebut memiliki nilai tambah yang lebih besar, untuk menembus pasar ekspor. Sarana perdagangannya adalah menggunakan sistem perdagangan secara e-commerce,” jelasnya.

Hal senada juga dinyatakan oleh Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor KADIN Indonesia Handito Joewono. Handito yang dalam kesempatan tersebut juga bertindak sebagai moderator, mengemukakan, para eksportir khususnya mereka pengusaha pemula (start-up) para IKM dan UKM dapat memanfaatkan perdagangan e-commerce, sebagai salah satu sarana untuk dapat masuk ke pasar global.

“Melalui optimalisasi e-commerce yang difasilitasi oleh peranan market place, diharapkan mereka dapat mulai melakukan ekspor, termasuk dengan memanfaatkan sistem digital e-commerce sesuai berlakunya era digital saat ini,” katanya.  

Harapan juga muncul dari Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Fadlan Muzaki. Fadlan yang sudah mengunjungi sejumlah kota dan negara di berbagai belahan dunia, menjelaskan, para pelajar Indonesia berpotensi menjadi market intelligent Indonesia di negara tempat mereka menuntut ilmu.

“Melalui pemanfaatan perdagangan dan sistem berdagang secara sederhana, yang tujuannya memperoleh dana tambahan biaya kuliah, para siswa dan mahasiswa tersebut, sebenarnya  melakukan berbagai pendekatan yang berbeda ke setiap negara. Seperti misalnya ke negara Tiongkok, di mana Instagram dan Facebook tidak dapat masuk ke negara tersebut, maka mahasiswa memanfaatkan komunikasi dengan perangkat aplikasi we chat," ungkap dia.

"Penggunaan platform digital telah menjadi kebutuhan para milenial saat ini. Karena itu tidak mustahil, apabila  sistem perdagangan yang dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa tersebut, tidak hanya didasarkan pada e-commerce, namun lebih luas lagi dengan memanfaatkan para pelajar dan mahasiswa sebagai kepanjangan tangan bagi pemanfaatan komunitas PLB e-commerce," lanjut dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.