Sukses

Rumus Sukses ala Mantan Dirut BRI

Ide yang hanya disimpan dan tidak dilaksanakan hanya akan jadi wacana selamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) sekaligus Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk beberkan rumus kesuksesan khususnya bagi anak muda yang sedang merintis usaha dan memantapkan karier.

Asmawi, dalam bukunya yang berjudul Leadership in Practice: Apa Kata Asmawi Syam, mengatakan, rumus suksesnya adalah ide dikali roadmap dikali eksekusi (ide X roadmap X eksekusi).

"Kenapa dikali (X)? Karena kalau salah satunya nol, hasilnya akan nol. Percuma ada ide dan roadmap yang hebat, tapi tidak ada eksekusi," ungkap Asmawi di Jakarta, Selasa (08/10/2019).

Hampir semua ide, lanjut Asmawi, akan selalu diberi tepuk tangan meriah. Semua orang akan setuju selama ide tersebut baik dan punya tujuan yang jelas. Namun, mengeksekusinya adalah pekerjaan rumah. Menjadi eksekutor harus memiliki keberanian dan tidak semua orang bisa mengimplementasikan roadmap yang sudah dibuatnya.

Asmawi mencontohkan saat dirinya menjadi Dirut PT Askrindo. Dengan perbedaan nilai bisnis yang cukup jauh, tentu mengendalikan Askrindo, dibanding BRI, butuh teknik yang berbeda.

"Saat saya jadi dirut, BRI valuasinya sudah Rp 1.100 triliun. Lalu saya memimpin Askrindo yang valuasinya Rp 15 triliun, tentu perlakuan yang diberikan harus berbeda. Saya harus terjun dan mengeksekusi langsung, melihat langsung bagaimana bisnis berjalan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberanian

Memimpin perusahaan yang lebih kecil tidak berarti segalanya menjadi mudah. Menurut Asmawi, pemimpin perusahaan besar bisa merasakan enaknya jadi bos karena sudah memiliki sistem yang baik dan terawasi. Lain halnya dengan perusahaan yang lebih kecil.

Pada akhirnya, ide yang hanya disimpan dan tidak dilaksanakan hanya akan jadi wacana selamanya.

"Ide memang indah, roadmap butuh pengetahuan dan eksekusi butuh keberanian. Semua itu harus dilakukan agar bisa memimpin perusahaan dengan sukses," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini