Trik Cerdas agar Sukses Berkarier di Masa Muda

Oleh Fitriana Monica Sari pada 09 Okt 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi Orang sukses

Liputan6.com, Jakarta Masa muda sangat penting untuk masa depan setiap orang nantinya. Itulah mengapa banyak pepatah yang mengatakan, jangan menyia-nyiakan masa muda yang sangat berharga.

Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan adalah fokus pada karier hingga mencapai kesuksesan. Berikut ini adalah beberapa trik cerdas berkarier di masa muda, sebagaimana dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Berpikir dan Bersikap Realistis

Di usia muda, pasti Anda memiliki banyak harapan dan cita-cita yang ingin diraih. Namun, jangan terlalu idealis karena kenyataan terkadang berbeda dari apa yang jadi harapan.

Untuk menjadi seseorang yang sukses, maka jangan hanya memikirkan apa yang akan dilakukan, tapi segera lakukanlah dan jangan menunda. 

Sebenarnya, bagaimana kondisi kita 5-10 tahun lagi sudah bisa kita prediksikan dengan melihat apa yang kita lakukan sekarang.

Apabila sekarang ini kita bermalas-malas, sudah bisa dibayangkan sendiri bagaimana masa depan yang akan menghampiri. Oleh karena itu, targetkan kesuksesan jangka panjang.

2. Jadilah Orang yang Orisinal

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengidolakan seseorang tidak ada yang salah, tapi mengenali diri sendiri dan bangga terhadap diri sendiri itu adalah hal yang lebih penting. Banyak orang sukses yang bisa menginspirasi, tapi tidak banyak dari mereka yang bisa ditiru begitu saja. 

Karena setiap orang memiliki keunikan sendiri, Anda harus mengenali diri sendiri untuk bisa mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan demikian, Anda bisa menjalankan karier sesuai dengan bakat dan keinginan. Karier pun bisa berjalan lebih lama dan bisa bersinar dalam meraih kesuksesan. 

2 of 3

3. Selalu Berpikir Positif

Pikiran Positif
Mulai hari dengan pikiran dan kehidupan positif. (Ilustrasi: Success Consciousness)

Apa yang kita pikirkan, bisa menjadi kenyataan. Apabila pikiran kita dipenuhi hal-hal negatif, sesuatu yang negatif pun bisa datang menghampiri kita.

Sama-sama mengeluarkan energi untuk berpikir, mengapa tidak mengubahnya menjadi pikiran yang positif. Dengan demikian, energi tersebut akan memberikan semangat bagi kita. 

Meskipun tidak semua pengalaman atau peristiwa menyenangkan, tapi semua itu memiliki hikmah yang bisa kita pelajari. Terkadang, hikmah tersebut justru lebih berarti untuk bisa membawa kita menuju kesuksesan. Ubahlah hal-hal yang negatif dengan pikiran yang positif karena hidup pasti memiliki banyak rintangan. 

4. Buat Circle Pertemanan yang Baik

Siapa teman kita akan berpengaruh terhadap siapa kita. Meskipun tidak seharusnya berteman dengan memandang bulu, tapi nyatanya hal ini berpengaruh terhadap kehidupan dan masa depan kita. Lingkungan yang buruk dapat membawa kita dalam keburukan, begitu juga sebaliknya. 

Anda dapat memilih dan membentuk sendiri siapa teman Anda, siapa sahabat Anda, dan siapa orang terdekat Anda. Pastikan jika orang di sekeliling Anda memberikan pengaruh positif terhadap diri Anda.

Agar sukses berkarier, Anda bisa memilih teman yang sudah sukses, memiliki daya juang, produktif, dan semangat tinggi meraih asa. 

3 of 3

5. Kegagalan untuk Belajar

[Bintang] Sukses
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

Banyak dari kita yang merasa takut untuk memulai karier hanya karena takut mengalami gagal. Padahal, kegagalan sebenarnya hal yang wajar di dunia ini, bahkan setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, meski mereka tak ingin. Justru, kegagalan ini memberikan kita banyak pelajaran hidup untuk menjadi lebih baik. 

Apabila kita bisa mengambil hikmah dan belajar dari kegagalan tersebut, kesuksesan akan ada di depan mata. Untuk menjadi sukses memang tidak mudah dan terkadang diperlukan kegagalan yang berulang kali. Jadi, jangan mudah menyerah walaupun Anda sudah gagal sekalipun. 

Itulah tadi beberapa tips untuk sukses berkarier di usia muda. Tidak mudah memang menjalani masa muda yang penuh dengan tanggung jawab dan godaan. Namun, yakinlah pada diri Anda bahwa Anda bisa menjadi anak muda yang membanggakan.

Lanjutkan Membaca ↓