Sukses

Cita-cita Awal Miliarder Microsoft, Bukan di Bidang Teknologi

Saat berbicara di depan mahasiswa Universitas Harvard, Bill Gates mengungkapkan bahwa dirinya tidak berniat berkarier di bidang teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft adalah salah satu raksasa teknologi yang dikagumi banyak orang. Bekerja di sana pasti memberi kebanggaan tersendiri, apalagi bisa ikut andil membangun perusahaan ini. Nyatanya, hal ini bukanlah yang dicita-citakan sang pendiri, Bill Gates.

Saat berbicara di depan mahasiswa Universitas Harvard, miliarder ini mengungkapkan bahwa dirinya tidak berniat berkarier di bidang teknologi, namun menjadi guru matematika.

"Aku adalah orang yang introvert, bahkan antisosial. Aku pikir aku murid yang bagus, karenanya, aku harus jadi seperti profesor matematika. Matematika adalah hal terberat, dan aku menyukainya," ujar Bill Gates mengutip laman CNBC, Rabu (9/10/2019).

Otak jeniusnya kala itu membuat teman lama sekaligus mitra bisnis masa depannya, Paul Allen, berpikir untuk mengajak Gates mengerjakan projek komputer.

Gates yang tidak pernah berencana belajar programming akhirnya tertarik untuk membangun Microsoft.

"Akhirnya saya menyadari, ini adalah waktu yang tepat untuk berhenti kuliah dan membangun Microsoft jadi nomor satu," ujar sang miliarder.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Khawatir dengan Nasib Microsoft

Meski demikian, ketika raksasa teknologi ini pertama kali diluncurkan, Gates sempat khawatir dengan masa depan Microsoft, karena perusahaan teknologi idolanya, Digital Equipment (DEC) dan Wang bangkrut di tengah jalan, padahal perusahaan ini cukup inovatif.

Tapi kenyataannya, saat ini Microsoft sudah memiliki branding kuat di mata para pelanggan. Kerjasamanya dengan Paul Allen juga patut diacungi jempol.

"Bekerja dengan Allen adalah hal penting dalam membentuk pola pikirku menuju sesuatu yang bermanfaat," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bill Gates merupakan seorang pebisnis yang sudah dikenal banyak orang di dunia.

    Bill Gates

  • Microsoft adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates.

    Microsoft

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder